9 Desember, pasar lelang forward komoditi Agro

Ditulis 06 Des 2009 - 10:02 oleh Banyumas1

barlingmascakebPURWOKERTO – Pasar lelang forward komoditi agro ke 17 se-Barlingmascakeb akan diadakan Rabu, 9 Desember 2009 bertempat di rumah makan Asiatic Purwokerto. Kegiatan ini diadakan oleh Regional Management Barlingmascakeb, yang merupakan wadah antar pemerintah daerah di kawasan ‘Banyumasan’ (Banjarnegara, Purbalingga, Banyumas, Cilacap dan Kebumen).

Ade Paul Lukas selaku Regional Manager Barlingmascakeb mengatakan kegiatan ini akan berlangsung mulai jam 09.00 sampai 15.15 dan akan dibuka oleh Bupati Banyumas Mardjoko selaku Ketua Dewan Eksekutif Barlingmascakeb.

Forward
Bagi awam yang belum mengenal transaksi forward, berikut dijelaskan sekilas mengenai transaksi perdagangan forward.

Kontrak forward merupakan suatu kontrak atau perjanjian antara dua pihak dengan hak dan kewajiban timbal balik yang direalisasikan/delivery dimasa yang akan datang dengan syarat-syarat yang telah ditentukan pada saat kontrak dibuat. Obyek dari kontrak bisa berupa jual beli komoditi / barang atau pertukaran mata uang dengan jumlah dan kurs tertentu, surat berharga atau komoditi dengan jumlah dan harga tertentu.

Tujuan dari kontrak forward adalah untuk melindungi risiko keuntungan atau kerugian transaksi yang timbul akibat fluktuasi nilai tukar antara tanggal transaksi dan tanggal penyelesaian. Transaksi forward contract diselesaikan pada tanggal penyerahan, di mana pembeli wajib untuk menerima aset dasar dan membayar sesuai dengan harga yang telah disepakati dan penjual wajib menyerahkan aset dasar tersebut dengan harga yang telah disepakati bersama.(BNC/Ist)

Tentang Penulis

1 Komentar so far. Feel free to join this conversation.

  1. banyumas-mobil 08/12/2009 pukul 09:38 -

    wah mudah mudahan ramai nih……

Leave A Response