Kebumen Kembangkan Agrowisata Suwuk

Ditulis 10 Jan 2014 - 17:20 oleh Yit BNC
Pantai Suwuk yang berjarak sekitar 3,5 kilometer dari Agrowisata Suwuk semakin memperkuat pengembangan agrowisata Suwuk.

Pantai Suwuk yang berjarak sekitar 3,5 kilometer dari Agrowisata Suwuk semakin memperkuat pengembangan agrowisata Suwuk.

KEBUMEN (BanyumasNews.Com) – Cita-cita Kabupaten Kebumen untuk memiliki  daerah agrowisata  hampir  terjawab. Hari ini, Jumat ( 11/1)  Bupati Kebumen  H Buyar Winarso,SE  beserta  rombongan  melakukan  panen bersama di Agrowisata Suwuk Desa Tambakmulyo Kecamatan Puring. Nampak mendampingi Bupati Sekda Kebumen H Adi Pandoyo,SH,M.Si ,Asisten Sekda, Staf Ahli Bupati, para  kepala  SKPD serta  karyawan di lingkungan  Setda Kebumen.

Lokasi Agrowisata pertama dan  satu-satunya di Kebumen tersebut juga sangat strategis. Hanya  berjarak 3,5 km dari Pantai Suwuk atau disamping  SMK Pelayaran Puring. Di lahan seluas 6,7 ha tersebut, nantinya  para pengunjung akan dimanjakan dengan wisata bernuansa kebun . Para  pengunjung bisa mendapatkan  sayuran dan buah-buahan langsung  dengan cara memetik dari pohonnya.  Berbagai komoditi  yang telah ditanam dan siap panen diantaranya pare, mentimun,  terong (putih, ungu, hijau, lalap), cabe besar, cabe rawit, cabe hijau, semangka, sirsak dan ketela  pohon.  Untuk pengelolaan agrowisata  oleh Kelompok Tani Budi Rukun, Desa  Tambak Mulyo. Kecamatan Puring.

Bupati Kebumen H Buyar Winarso,SE  dalam sambutannya  saat membuka panen bersama merasa berbahagia dan menyambut baik atas terkelolanya agrowisata tersebut. Pengembangan pertanian yang digabung dengan unsur wisata adalah sebuah terobosan yang memiliki manfaat ganda. Selain sebagai  media pemasaran terhadap produk pertanian yang dikembangkan, agrowisata juga mendukung pariwisata daerah. Terlebih  lokasinya juga berdekatan dengan  lokasi obyek wisata Pantai Suwuk.

Sementara kepada masyarakat Desa Tambakmulyo, Bupati juga  menyampaikan selamat. Karena  mereka hari ini telah bisa menikmati hasil kerja kerasnya. Seraya berpesan agar  para petani menerapakan  teknologi yang tepat guna,  ramah lingkungan dan  berorientasi pasar. Sehingga hasil produksinya juga akan meningkat, baik secara kuantitas maupun kualitasnya, yang  pada  akhirnya  akan berpengaruh terhadap  pendapatan dan kesejahteraan para petani.
Untuk meningkatkan gairah petani, Bupati  juga mengajak semua pihak terkait untuk menciptakan pola budidaya yang efektif, efisien, yang ramah lingkungan, di samping pemilihan varietas yang sesuai dengan permintaan pasar.

Pembangunan Pertanian di Kabupaten Kebumen  tak lepas  dari  peran berbagai pihak. Termasuk bantuan dari Dirjen PPHP (Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian) ke kelompok  Tani “Melati Unggul” Desa Munggu Kecamatan Petanahan.  Bantuan  berupa 1 unit Bangunan packing House (Rumah kemas), 1 Unit Perlengkapan Rumah Kemas,  2 unit Cold  Room Chiller, 1 unit gas generator, dan 350 keranjang panen buah.  Bantuan tersebut untuk digunakan seluruh kelompok tani di Kabupaten Kebumen.  Dengan mekanismen system sewa kepada Kelompok Tani “Melati Unggul”.  (BNC/tgr)

Tentang Penulis

Leave A Response