Hari Ini Bandara Halim Mulai Layani Penerbangan Komersial

bandara halim perdanakusuma, halim perdanakusuma, bandara halim
Mulai Jumat (10/1) ini Bandara Halim Perdanakusuma melayani penerbangan komersial.

JAKARTA (BanyumasNews.com) – Bandara Halim Perdanakusuma siap dioperasikan kembali sebagai bandara komersial. Mulai hari ini (10/1), bandar udara yang merupakan pangkalan TNI Angkatan Udara ini akan melayani penerbangan reguler.

Citilink menjadi maskapai penerbangan pertama yang beroperasi di Bandara Halim. Anak perusahaan Garuda Indonesia ini bakal mengawali operasionalnya di Halim dengan mendaratkan pesawat dari Yogyakarta pada pukul 07.00 WIB.

Selain dari dan ke Yogyakarta, Citilink juga melayani penerbangan tujuan Semarang dan Malang. Ketiga rute ini adalah jalur penerbangan lama Citilink sejak masih terbang dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Citilink direncanakan menjadi satu-satunya maskapai yang beroperasi di Halim sepanjang Januari ini. Pada Februari mendatang Garuda Indonesia akan menyusul memindahkan operasionalnya dari Soekarno-Hatta, lalu Indonesia Air Asia ikut bergabung pada Maret.

Garuda Indonesia akan melayani rute Halim ke Surabaya, Semarang, Pontianak, Palembang, dan Yogyakarta. Sedangkan Air Asia melayani jalur penerbangan dari dan ke Medan dan Surabaya.

Pengoperasian Bandara Halim dilakukan demi mengurangi beban yang ditanggung Bandara Soekarno-Hatta. Dengan dipindahkannya sejumlah penerbangan ke Halim, kepadatan penerbangan di Soekarno-Hatta dapat berkurang antara 10-12%. Berkurangnya jumlah penerbangan diharapkan dapat memperlancar arus penerbangan di bandara tersibuk Indonesia ini.

Untuk mendukung operasional, PT Angkasa Pura II selaku pengelola Halim telah melakukan berbagai perbaikan. Di antaranya menambah fasilitas check in, merevitalisasi terminal penumpang sehingga kini mampu menampung 600 penumpang per jam, serta menyediakan lahan parkir yang bisa memuat hingga 700 unit mobil.

Akses kendaraan umum ke Bandara Halim tak dilupakan. Untuk menuju ke Halim, kini tersedia bus Damri dengan tujuan Bandara Soekarno-Hatta, stasiun Gambir, terminal Rawamangun, Pulogebang, Bogor, Bekasi, dan Depok. Selain bus, ada pula armada taksi yang diisi nama-nama terpercaya seperti Cipaganti, Blue Bird, Express, dan Sri Medali. (berbagai sumber)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.