Paus Fransiskus Ajak Pengunjung Vatikan Naik ke Mobil Kepausan

Ditulis 09 Jan 2014 - 20:05 oleh Eko Nurhuda
|
Berita Kategori
Tak Berkategori
144
Dalam Tag
paus fransiskus, fabian baez

Fabian Baez (berbaju hitam), tak menyangka bakal diajak naik ke dalam mobil Paus.

VATIKAN (BanyumasNews.com) – Paus Fransiskus kembali membuat berita. Saat sedang berkeliling menyapa para peziarah yang memadati Lapangan Santo Petrus di Vatikan, Paus asal Argentina ini mengajak salah seorang pengunjung naik bersamanya di dalam mobil Kepausan.

Orang beruntung tersebut adalah Fabian Baez. Ia bukan orang sembarangan. Baez adalah pendeta dari Buenos Aires, kampung halaman Paus Fransiskus. Bukan cuma berasal dari daerah yang sama, Baez dan Paus adalah sahabat lama.

Baez yang ikut dalam kerumunan di Lapangan Santo Petrus sama sekali tak berniat menarik perhatian Paus. Ia hanya berteriak “Santo Padre” ketika mobil Kepausan melintas di kerumunan tempatnya berada. Tanpa disangka, Paus mengenalinya dan meminta petugas Vatikan untuk memberinya jalan pada Baez untuk mendekat ke mobil Paus.

Yang terjadi selanjutnya seperti mimpi bagi Baez. Paus yang masih mengingatnya dengan baik lantas memeluknya, memberikan ciuman pipi, dan mengajaknya naik ke atas mobil Kepausan.

Baez yang terkejut dengan perlakuan Paus lantas becerita pada reporter, “Aku berkata pada diriku sendiri ‘Apa yang kamu lakukan di sini? Mamma mia!’ Paus tertawa padaku dan berkata, ‘Ayo, sini duduk!’ Lalu ia kembali menyapa para peziarah dan menciumi bayi-bayi. Aku sungguh terkesan.”

Baez lantas menceritakan bahwa dirinya dan Paus telah saling mengenal sejak tahun 1990-an. Paus Fransiskus yang bernama asli Jorge Mario Bergoglio adalah Uskup Agung Buenor Aires sebelum akhirnya diangkat sebagai pemimpin tertinggi umat Katolik dan bertahta di Vatikan.

“Aku akan mengganti bio di akun Twitter. ‘Pendeta hina yang naik Mobil Kepausan bersama Paus Fransiskus hari ini’,” ujar Baez bercanda.

Sejak diangkat sebagai pemimpin tertinggi di Vatikan, Paus Fransiskus kerap melakukan tindakan spontan di luar protokoler Vatikan. Tak seperti pendahulunya, Paus tak keberatan berfoto bersama para remaja yang berziarah di Vatikan. Paus juga tak senang dengan pengamanan berlebihan sehingga menghindari iring-iringan kendaraan dalam setiap kunjungan.

Tentang Penulis

Eko Nurhuda, kontributor tetap BanyumasNews.com. Berdomisili di Pemalang, Jawa Tengah.

Leave A Response