Dalang Top Hadiri Pelantikan Ki Enthus Susmono sebagai Bupati Tegal

Ditulis 08 Jan 2014 - 18:47 oleh Eko Nurhuda
Ki Enthus Susmono dilantik jadi Bupati Tegal

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersalaman dengan Ki Enthus Susmono dalam acara pelantikan Bupati Tegal.

SLAWI (BanyumasNews.com) – Ada yang unik dalam acara pelantikan Bupati dan Wakil Bupati terpilih Kabupaten Tegal, Rabu (8/1) siang tadi. Dalam acara yang digelar di Gedung Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tegal tersebut, hadir sejumlah dalang top nasional.

Dalam deretan kursi tamu undangan tampak hadir dalang kondang Ki Manteb Sudarsono. Selain Ki Manteb yang terkenal dengan jargon “pancen oye” dalam iklan obat sakit kepala yang dibintanginya, juga nampak Ki Joko Edan.

Kehadiran dua dalang top nasional itu tentu tak mengherankan mengingat Ki Enthus Susmono sendiri seorang dalang. Sebelum akhirnya mencalonkan diri dan terpilih sebagai Bupati Tegal dalam Pilkada akhir tahun lalu, Ki Enthus sudah lebih dulu kondang sebagai dalang.

Acara pelantikan juga sempat diwarnai kejadian lucu. Saat memasuki ruang sidang paripurna, Ki Enthus yang masuk bersama Wakil Bupati terpilih Umi Azizah tampak masih mengenakan ikat kepala khas dalangnya. Sang Bupati menutupi ikat kepala tersebut di bawah topi dinas bupati.

Usai acara pengambilan sumpah, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta Ki Enthus melepas ikat kepalanya. “Saya pengen lihat,” kata Gubernur.

“Kalau dicopot, profesi sebagai dalang memakai ikat kepala, topi dipakai menjadi bupati. Dan saya percaya bisa bekerja selama 24 jam untuk rakyat,” tambah Ganjar setelah Ki Enthus melepas ikat kepalanya.

Permintaaan Gubernur sontak disambut tepuk tangan meriah dari para tamu undangan dan anggota DPRD yang hadir.

Tentang Penulis

Eko Nurhuda, kontributor tetap BanyumasNews.com. Berdomisili di Pemalang, Jawa Tengah.

Leave A Response