Pengembangan Pasar Bobotsari Butuh Rp 10 Milyar

Ditulis 08 Jan 2014 - 18:21 oleh Yit BNC
|
Berita Kategori
Tak Berkategori
94
Dalam Tag

PURBALINGGA (Banyumasnews.com)  – Pembangunan Pasar Bobotsari tahap kedua menjadi pasar rakyat percontohan diperkirakan menelan dana Rp 7 miliar sampai Rp 10 miliar. Pembangunan tersebut dijadwalkan pada tahun ini. “Kira-kira butuh dana segitu untuk tahap kedua,” kata Bupati Purbalingga, Sukento Rido Marhaendrianto saat mengunjungi Pasar Bobotsari hasil pembangunan tahap pertama, Rabu (8/1).

Adapun dana tersebut berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Nasional (APBN). Sebab, jika dianggarkan menggunakan APBD, pemkab tidak akan mampu. Terlebih lagi pasar tersebut akan menjadi pasar percontohan bertaraf nasional.

Meskipun demikian, Sukento belum bisa memastikan apakah dana tersebut akan turun pada tahun ini atau tidak. “Saya berharap dana turun jadi pembangunan tahap kedua bisa dilakukan. Paling tidak pasar itu dibangun tiga tahap sesuai rencana,” katanya.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Dinperindagkop) Purbalingga, Agus Winarno mengatakan, ada kebijakan Kementerian Perdagangan RI yang menetapkan Pasar Bobotsari sebagai salah satu Pasar Rakyat Percontohan.

“Untuk mewujudkan Pasar Bobotsari menjadi pasar tradisional modern, diperlukan pembenahan dari sisi aspek fisik dengan melakukan revitalisasi,” katanya.

Untuk tahap pertama, revitalisasi pasar tengah dilaksanakan menggunakan anggaran dana pembantuan Kementerian Perdagangan senilai Rp 6,5 miliar. Kemudian perlu dilakukan pembenahan manajemen dari menejemen pengelolaan pasar tradisional menjadi operasionalisasi manejemen modern.  “Pasar Bobotsari juga membutuhkan SDM pengelola yang memiliki integritas yang baik,” katanya.

Berkait dengan kelanjutan revitalisasi Pasar Bobotsari perlu dilakukan pendekatan dengan pihak legislatif untuk membahas pendampingan anggaran bagi kelanjutan program revitalisasi pasar. Saat ini, kelanjutan dana rehab pasar itu belum ada kepastian.Untuk diketahui, pembangunan tahap pertama Pasar Bobotsari untuk bangunan sisi timur sudah selesai tepat waktu Desember lalu. Pembangunan tahap pertama berupa dua tingkat dikerjakan selama 180 hari dengan anggara Rp 6,5 miliar.

Sesuai DED, revitalisasi pasar Bobotsari membutuhkan anggaran hingga Rp 30 miliar, untuk membangun fisik pasar dua lantai pada lahan seluas 8.700 m2. (BNC/tgr)

 

Tentang Penulis

Leave A Response