Toyota Luncurkan Mobil Bahan Bakar Sel pada 2015

Ditulis 07 Jan 2014 - 08:38 oleh Sista BNC
|
Berita Kategori
Tak Berkategori
134
Dalam Tag

LAS VEGAS (BanyumasNews.Com) – Perusahaam otomotif Toyota menyatakan berencana meluncurkan mobil sel bahan bakar di Amerika Serikat tahun depan. Toyota menyebut mobil hidrogen dengan emisi nol ini sebagai “mobil masa depan.”

Wakil Presiden Toyota Motor Sales Bob Carter, Senin waktu AS, mengatakan pasar perdananya adalah California.

Bob Carter ToyotaToyota juga akan membangun stasiun pengisian bahan bakar hidrogen di sejumlah negara bagian utama di AS.

“Pada 2015, kami akan membawa mobil ini ke pasar,” kata Carter pada pameran elektronik di Las Vegas seperti dikutip AFP.

Kendaraan yang belum dinamai ini akan merupakan sedan empat pintu ukuran sedang berkemudi elektrik dan beremisi nol. “Fungsionalnya mobil ini adalah kendaraan reguler,” tambah dia.

Rancangan efisiennya ditujukan untuk memaksimalisasi asupan oksigen untuk proses sel bahan bakar.

Kendaraan ini bisa dipacu sampai sejauh 480 kilometer dengan hanya sekali pengisian bahan bakar dengan membutuhkan waktu pengisian bahan bakar tiga sampai lima menit.

Masalahnya, ongkos produksi yang tinggi dan keberadaan stasiun pengisian bahan bakar menjadi kendala teknologi otomotif ini.

Toyota sendiri berinvestasi besar di teknologi ini, namun Carter menegaskan “kami yakin kami bisa menawarkan kendaraan ini pada harga yang sangat masuk akal untuk kebanyakan orang.”

Inisiatif pemerintah di California telah mencapai kemajuan dalam penyediaan stasiun pengisian bahan bakar hidrogen di area-area diperlukan, tambah dia.

“Masalah infrastruktur bukan mengenai berapa banyak, tapi lebih pada lokasi, lokasi, lokasi,” kata dia.

“Sel bahan bakar akan menjadi masa depan kita lebih cepat dibandingkan diyakini kebanyakan orang…dan jauh lebih besar dibandingan dengan perkiraan orang.”

Toyota sudah mengenalkan prototipe kendaraan baru ini pada pameran otomotif Tokyo, namun baru Senin waktu AS ini mengenalkannya secara lebih detail untuk pasar AS.

Honda juga akan mengenalkan kendaraan sel bahan bakar di pasar AS pada 2015, sedangkan produsen-produsen otomotif lainnya terus mencurahkan diri pada teknologi yang hanya memancarkan uap air pada knalpotnya.

Honda sendiri sudah memiliki kendaraan sel bahan bakar bermerek FCX Clarity yang sudah tersedia pada pasar yang amat terbatas.

Carter mengatakan, Toyota dan pemerintah California berencana menambah 20 stasiun pengisian bahan bakar baru sampai 2015 dari 10 yang sekarang ada. Di negara bagian ini Toyota menyasar angka 100 stasiun.

“Infrastruktur ini akan didirikan. Saya yakin mobil ini akan menjadi kendaraan masa depan,” kata dia.

Mobil serupa akan diluncurkan di Jepang pada saat sama dengan peluncuran di AS, demikian AFP seperti diwartakan Antara.

Tentang Penulis

Leave A Response