Pemprov Jateng terapkan lelang online 2010

Ditulis 05 Des 2009 - 04:23 oleh Banyumas1
|
Berita Kategori
Tak Berkategori
78
Dalam Tag

lpseSEMARANG – Di era kemajuanĀ  teknologi informasi (IT) sekarang ini, segala sesuatu dapat dilakukan cepat dan transaparan. Salah satunya untuk kepentingan tender/lelang pengadaan barang dan jasa pemerintah yang dapat dilakukan secara online atau e-procurement. Pemprov Jateng siap mengaplikasikan e-procurement ini di tahun 2010 melalui situs Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE).

Penerapan lelang/tender online akan dilakukan secara bertahap oleh instansi yang berada di bawah Pemrprov Jateng. Pada 2011 diwajibkan semua instansi sudah menerapkan sistem ini. Di daerah lain seperti kota-kota di Jabar dan Jatim sudah lebih dulu menerapkan lelang online ini, juga beberapa perusahaan (korporasi) besar.

Untuk mesukseskan LPSE ini, langkah awal Dishubkominfo Jateng mengadakan pelatihan bagi karyawannya yang akan menangani LPSE bekerja sama dengan PT Telkom, yang diikuti satuan kerja perangkat daerah (SKPD) dan Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) Jateng, Kamis (3/12/09) di Gedung Telkom DIvre IV Semarang.

Penerapan tender online ini diharapkan meminimalisir penyimpangan, kolusi, dan penyalahgunaan wewenang yang berakibat korupsi yang merugikan negara. Di tingkat nasional hal ini sudah diawali dengan penandatanganan nota kesepahaman antara Departemen Keuangan; KPK, Pusat Pelaporan dan Analisa Transaksi Keuangan (PPATK) dan Komisi Yudisial (KY) terkait LPSE ini. (BNC/ist)

Tentang Penulis

Leave A Response