Gerakan One Man One Tree Purbalingga lampaui target

Ditulis 01 Des 2009 - 19:49 oleh Banyumas1

PURBALINGGA- Kesiapan bibit pohon yang ditanam dalam kegiatan tanam pohon one man one tree dalam rangka  memperingati hari menanam pohon Indonesia dan gerakan perempuan tanam dan pelihara pohon ( GTPP ) tingkat Kabupaten Purbalingga yang dipusatkan di Desa Karangjengkol Kecamatan Kutasari, tercatat sebanyak 1.070.669 pohon. Jumlah tersebut dikaitkan dengan penduduk Purbalingga yang tercatat hanya sebanyak 917.185 orang,  maka telah melampaui target dari yang diharapkan, yaitu satu orang penduduk satu pohon.

Hal tersebut disampaikan oleh Ir. Suyudi selaku pelaksana Harian  Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Purbalingga kepada Bupati pada saat membuka acara Peringatan hari menanam pohon Indonesia serta  Gerakan perempuan tanam dan pelihara pohon tingkat Kabupaten Purbalingga.

Lebih lanjut ditambahkan , dari jumlah bibit yang ditanam tersebut, 364.552, merupakan bantuan dari dari perusahaan industri kayu di Purbalingga, dari APBD kegiatan RHL DAK 113.464 batang, APBD bantuan bibit 27.367 batang, APBD Propinsi 18.400 batang,  APBN kegiatan PLA 54.000 batang, Perum Perhutani 280.864 batang, BP DAS Serayu Opak Progo Yogyakarta 141.500 batang dan Yayasan Bumi Hijau Lestari kerjasama dengan SMK Negeri II Purbalingga 70.532 batang.

Bupati Purbalingga Drs. Triyono Budi Sasongko Msi, dalam sambutannya menyatakan bahwa gerakan penanaman pohon secara masal dan berkelanjutan akan berdampak dapat memerangi pemanasan glpbal untuk mencapai pembangunan Indonesia yang bersih ( clean development mechanism )

Namun demikian kata Bupati ada satu hal yang perlu diperhatikan ialah jangan sampai kegiatan yang baik ini tidak sampai pada sasaran, sebagaiman pengalaman masa-masa yang lampu. Banyak kegiatan penanaman namun hasilnya masih jauh dari yang diharapkan. Dengan demikian maka dihimbau kepada seluruh jajaran birokrasi dan juga seluruh lapisan masyarakat agar mengkawal proyek penanaman dari tanam sampai tumbuh dan sampai ada nilai manfaatnya.

Kegiatan tersebut diikuti oleh Bupati, Wakil Bupati, Wakil DPRD, Muspida, Dinas Instansi, Camat, Ketua TP PKK dan Darwanita Persatuan serta GOW Purbalingga. ( banyumasnews.com/tgr)

Tentang Penulis

Leave A Response