UU KIP Masih Butuh Sosialisasi

Ditulis 26 Nov 2009 - 15:34 oleh Banyumas1

BANJARNEGARA – Aplikasi Undang-Undang Nomor.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) ternyata masih membutuhkan petunjuk yang jelas agar setiap Badan Publik, khususnya Pemerintah Kota atau Kabupaten yang menjalankannya tidak salah dalam penerapannya. Hal ini diungkapkan Peni Hariningsih, Kasubbag. Pengelolaan Data Bagian Humas Setda Banjarnegara dalam acara Tinjauan Tim Provinsi Jawa Tengah ke Kabupaten Banjarnegara terkait kesiapan penerapan UU.14 Tahun 2008 di Aula Bappeda (25/11) kemarin.

“Keterbukaan Informasi Publik sangat esensial demi terwujudnya good governance (kepemerintahan yang baik), namun langkah-langkah, petunjuk, sarana dan prasarana yang digunakan, serta pihak yang berwenang untuk mengelola informasi tersebut perlu disosialisasikan dari Provinsi ke tiap Kabupaten/Kota agar pada saatnya nanti bisa berjalan sesuai sasaran,”  ujar Peni.

Selain itu, Kartono dari Bagian Pembangunan juga memberi masukan bahwa untuk aplikasi UU tersebut tidak bisa sepenuhnya menggunakan media online, namun masih dibutuhkan media cetak juga. ”Masalah sengketa tanah di desa misalnya, jika ditampilkan lewat website, tidak semua penduduk desa bisa mengaksesnya. Sehingga pemakaian media cetak, khususnya surat kabar masih diperlukan untuk sosialisasi informasi bagi masyarakat yang membutuhkan,” jelasnya.

Menanggapi hal tersebut, Suharyanto, mewakili tim Provinsi berjanji akan mengumpulkan data dari Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten lain untuk dijadikan bahan sosialisasi selanjutnya yang akan diberitahukan menyusul. ”Agar terlaksana pelayanan informasi publik dengan baik, maka partisipasi dari berbagai stakeholder pembangunan sangat diperlukan, karena itu apa yang tertuang lewat pertemuan kali ini akan kami rangkum menjadi bahan untuk sosialisasi lebih lanjut tentang aplikasi UU No.14 Tahun 2008 agar bisa terlaksana sesuai tujuan dan targetnya 30 April 2010 mendatang,” pungkasnya  (banyumasnews.com/yoi)

Tentang Penulis

Leave A Response