Seorang Guru Bunuh Diri Tepat di Hari Guru

Ditulis 25 Nov 2009 - 20:14 oleh Banyumas1

PURBALINGGALOGO BUNUH DIRI – Tragis dan ironis, Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2009 dan HUT Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), Rabu (25/11) diwarnai suasana kelabu. Seorang guru SD Negeri 2 Wirasaba Kecamatan Bukateja, Sarno Nugroho (50), warga Rt 2 Rw 7 Bukateja nekad mengakhiri hidupnya dengan terjun ke dalam sumur di dekat rumahnya. Sarno diduga nekad bunuh diri karena menderita sakit kanker hati dan jantung yang cukup berat.

Peristiwa itu pertamakali diketahui oleh keponakan korban bernama Eka. Sekitar pukul 08.45, Eka mendengar sesuatu terjatuh dalam air dekat rumah korban. Saat dicari di dalam rumah korban, Eka tidak menemukan kecurigaan apapun. Namun, saat sampai di dalam sumur, Eka melihat sepasang sendal jepit yang diketahui milik pamannya.

Setelah itu, Eka mendekati bibir sumur yang berkedalaman sekitar 10 meter. Saat melihat kedalam sumur, Eka tidak menjumpai apapun. Namun, ada gelembung udara yang menyembul dari dalam air. Saat itulah Eka yakin kalau pamannya telah menceburkan diri ke dalam sumur.

Setelah melihat kecurigaan itu, Eka bergegas minta tolong kepada warga. Teguh Pribadi dan Sutomo, warga yang kebetulan sedang berada tak jauh dari lokasi langsung bergegas memberikan bantuan. Korban akhirnya diangkat oleh Sutomo dengan dibantu oleh Teguh.

Kapolsek Bukateja, AKP Sardji mengatakan, korban diduga nekat bunuh diri karena menderita sakit yang cukup berat. Diduga, korban yang memiliki tiga orang anak ini putus asa karena menderita kanker hati dan jantung yang tak kunjung sembuh.

Dugaan ini dikuatkan oleh pengakuan sejumlah saudara korban. Yanto, kakak sepupu korban mengatakan,  sekitar pukul delapan pagi, korban masih sempat berbincang-bincang dengannya. Saat itu, korban menemani yanto sarapan pagi. ”Ia hanya menemani saja, tapi tidak mau ikut sarapan. Ia hanya mengeluh jika sakitnya cukup parah. Sebelumnya, korban juga sempat mengeluhkan hal serupa kepada ibu saya,” tutur Yanto. (banyumasnews.com/tgr)

Tentang Penulis

Leave A Response