Kunjungan Wisman Amerika ke Borobudur Dikawal Ketat

Ditulis 24 Nov 2009 - 21:14 oleh Banyumas1

MAGELANG– Pengawalan ketat yang dipimpin langsung Kapolda Jateng  Irjen Pol Drs Alex Bambang Riatmodjo mewarnai kunjungan 540 wisatawan  asing di candi Borobudur, Senin (23/11). Wisman ini kebanyakan berasal dari  yang  kebanyakan dari Amerika Serikat, Jerman dan Belanda. Kapolda berkilah, pengawalan ketat yang dilakukannya untuk memberikan rasa nyaman, aman  kepada wisatawan asing yang berkunjung ke Indonesia , khususnya  Candi Borobudur.

“Kami ingin menunjukkan bahwa Indonesia aman dan indah. Sehingga wisatwan mau datang. Setelah pulang ke negaranya, mereka juga akan menginformasikan bahwa Indoensia aman, sehingga kemudian datang lagi wisawatan yang lain. Tentunya hal ini bisa menambah devisa negara,” kata Kapolda Jateng.

Dikatakan Kapolda, kedatangan banyak wisatawan asing ke obyek wisata di Jateng ini  diharapkan juga  dapat menyejahterakan masyarakat sekitar obyek wisata. ”Dengan kedatangan para wisatawan, otomatis ekonomi jadi mengeliat. Mereka yang jualan jadi laku,” kata Kapolda.

Dalam pengawalan tersebut, kapolda secara khusus bertatap muka dan menyapa hangat para Wisman.

Saat menyambut kedatangan wiswan yang datang ke Indonesia dengan menumpang Kapal Pesiar Volendum Cruise yang bersandar di Tanjung Emas, Semarang, Kapolda sempat menggandeng perempuan tua dari Jerman, menuruni tangga candi yang cukup curam. “Hati-hati, tangganya licin karena hujan,” kata Kapolda kepada salah seorang wisman.

Dengan menumpang belasan bus, turis asing itu diangkut ke Borobudur. Setelah sebelumnya mampir di Kopi Eva, Jambu, Ambarawa. Sebelumnya mereka telah singgah ke Thailand dan Singapura. Selanjutnya akan meneruskan perjalanan ke Bali dan Lombok.

Pada awal November lalu, Kapolda beserta jajarannya juga sempat menyambut kedatangan 420 Wisman dari berbagai negara di Benua Eropa , Australia dan Amerika. Saat itu, turis penumpang Kapal Pesiar Regent Seven Seas Cruises yang berlabuh di Tanjung Mas, Semarang. (banyumasnews.com/tgr)

Tentang Penulis

Leave A Response