Jalur KA Tertimbun Longsor di Perbatasan Banyumas-Brebes

Ditulis 24 Nov 2009 - 00:42 oleh Banyumas1

BREBES-Akibat diguyur huan terus menerus, pondasi dan tanah yang berada disisi jembatan utama Jakarta-Purwokerto di perbatasan Banyumas-Brebes,Senin (23,11) malam longsor. Longsoran ini menimbun rel kereta api yang berada dibawah jembatan. Akibat peristiwa ini sejumlah jadwal keberangkatan kereta api tertunda. Arus baru lancar sekitar pukul sepuluh malam, setelah puluhan pekerja dikerahkan untuk menyingkirkan longsoran.

Keterangan yang diperoleh BanyumasNews.Com (BNC) , pondasi disisi jalur rel ganda yang berada di bawah jembatan utama di desa Winduaji Brebes ambrol. Akibatnya tanah yang berada diatas rel langsung longsor dan menimbun rel kereta api. Peristiwa longsornya tanah di lokasi tersebut merupakan kali kedua, setelah sebelumnya hal serupa juga terjadi saat pembangunan proyek rel ganda beberapa bulan lalu. Padahal proyek rel ganda Kroya-Prupuk yang dibangun PT Yasapola Semarang ini baru diresmikan bulan Juli lalu.

Hingga Selasa dinihari sekitar 70 pekerja turun ke lokasi dan menyingkirkan tanah serta material batu yang menimbun rel kereta api. Pembersihan tanah dan material bekas pondasi ini diperkirakan akan memakan waktu hingga tiga hari.

Menurut warga, longsornya tanah itu akibat pembuatan pondasi disisi jalur kereta yang tidak kuat sehingga saat diguyur hujan, salah satu sisinya ambrol. “Ambrolnya pondasi sepanjang 25 meter ini membuat tanah yang berada diatasnya ikut retak dan mengancam tergerusnya jalan raya,” ujar Saiful, warga setempat.

Akibat perisitiwa ini,kendaraan yang melintas di atas jembatan tersebut harus ekstra hati hati, karena sewaktu waktu longsor bisa menggerus bahu jalan. Hingga berita ini diturunkan, puluhan pekerja masih melakukan upaya untuk mengeruk tanah yang berada di sepanjang rel kereta api.

Hingga Selasa (24/11) dinihari,pekerja masih menyingkirkan timbunan tanah (foto:mut/BNC)

Hingga Selasa (24/11) dinihari,pekerja masih menyingkirkan timbunan tanah (foto:mut/BNC)

Timbunan tanah disingkirkan dari rel KA (foto:mut/BNC)

Timbunan tanah disingkirkan dari rel KA (foto:mut/BNC)

Sementara sejumlah kereta yang berada di beberapa stasiun seperti Purwokerto dan Prupuk tertunda keberangkatannya. Sekitar pukul sepuluh malam, kereta Purwojaya jurusan Purwokerto-Gambir yang terhenti di Stasiun Purwokerto baru bisa melintas (banyumasnews.com/mut).

Tentang Penulis

Leave A Response