Menyulap Limbah Menjadi Alat Dapur

Ditulis 22 Nov 2009 - 19:42 oleh Banyumas1

Sakur dengan limbah bekas tutup panci (foto:mut/BNC)

Sakur dengan limbah bekas tutup panci (foto:mut/BNC)

Mengetok bekas panci untuk menghaluskan lekukan (foto:mut/BNC)

Mengetok bekas panci untuk menghaluskan lekukan (foto:mut/BNC)

JIKA alat dapur anda seperti tutup panci milik anda rusak, jangan buru buru dibuang. karena barang limbah tersebut bisa disulap menjadi alat dapur lain yang tidak kalah manfaatnya.

Mungkin tidak banyak yang tahu jika salah satu alat memasak berupa entong atau sendok besar untuk wajan ini berasal dari limbah.Bagi Abdul Sakur (40), warga Pasir Kidul Purwokerto Barat Banyumas ini barang bekas seperti panci atau tempat merebus air dari aluminium ini tidak akan dibuang begitu saja. Tutup panci yang sudah rusak ini kemudian dibuat sebuah alat dapur yang dikenal dengan nama Entong,

Selain mencari sendiri dari rumah ke rumah, sakur mendapatkan tutup panci bekas ini dari para pemulung. Bagi pemulung yang tahu, barang ini biasanya tidak langsung menjual ke tukang rongsokan. Namun mampir ke tempat sakur dan bisa dijual lebih mahal.

Sakur kemudian mengolah barang bekas ini menjadi Entong yang tidak kalah dengan Barang buatan pabrik. bahkan buatan pria yang sudah puluhan tahun menjalani profesi ini dikenal awet serta banyak diburu para ibu rumah tangga.

Cara membuatnya juga tergolong mudah. Tutup panci yang sudah tidak berbentuk ini dirapikan dengan cara meratakan bagian yang bergelombang.Selanjutnya panci yang kotor ini kemudian di gosok dengan alat mesin agar warna barang bekas itu kembali mengkilat seperti baru.

Setelah itu, bekas tutup panci ini dibuat lubang melingkar hampir seluruh bagian . pengerjaan  Terakhir, alat untuk mengambil makanan di wajan ini diberi gagang atau alat pegangan dari kayu.

Setiap hari Sakur yang dibantu sepuluh pekerjanya mampu menghasilkan 60 Entong. satu entong kecil dijual lima ribu, untuk ukuran besar harganya 60 ribu rupiah. Sakur mengaku belakangan ini kewalahan dengan banyaknya pesanan. Hingga kini Entong buatan sakur ini sudah tersebar hampir seluruh kota di Indonesia (banyumasnews.com/mutiara nissa)

Tentang Penulis

Leave A Response