Menengok wisata pendidikan akuarium raksasa di Purbalingga

Ditulis 15 Jul 2009 - 16:02 oleh Sista BNC

Kabupaten Purbalingga memiliki sebuah obyek wisata yang cukup unik berupa tempat yang mirip seaworld di kompleks Taman Impian Jaya Ancol. Oleh karena itu, mereka yang tak sempat melihat aneka ragam ikan di Ancol, cukup datang ke Purbalingga. Tempat ini sangat cocok untuk pelajar yang ingin berwisata sekaligus menambah ilmu pengetahuan tentang ikan.
Obyek wisata yang diresmikan Bupati Purbalingga Triyono Budi Sasongko pada 4 Juni 2001 itu adalah sebuah taman akuarium Purbasari Pancuranmas. Terletak di Desa Purbayasa, Kecamatan Padamara, Purbalingga, atau sekitar lima kilo meter ke arah barat laut kota Purbalingga.
Obyek wisata tersebut mirip seaworld, dunia laut di kompleks Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta. Bedanya. ikan-ikan yang ada di Purbayasa semuanya jenis ikan air tawar, sehingga ada yang menamai juga obyek wisata itu riverworld mini.
Ada pula yang menyebut obyek wisata yang berada di lereng Gunung Slamet itu sebagai aquarium raksasa, yang di dalamnya ditemukan berbagai jenis ikan air tawar. Pada musim liburan, obyek wisata Purbasari Pancuranmas ini dibanjiri pengunjung.
Obyek wisata ini bukan milik pemerintah, namun kreasi seorang warga bernama Sarimun, seorang pengusaha percetakan yang sukses di Jakarta. Riverworld seluar 6,5 hektare yang dibangun di pekarangan rumah Sarimun tersebut merupakan pertama dan satu-satunya di wilayah Jateng dan DIJ.
Yang paling menjadi daya tarik adalah ikan langka berupa ikan raksasa arapaima gigas yang berasal dari Sungai Amazon, Amerika Selatan. Tiga ekor ikan raksasa dengan ciri khas warna di kepala green copper sheen itu menjadi magnit tersendiri.
Pemilik Pancuranmas, Junjung, menuturkan di tempat itu ada juga ikan piranha, reptil catfish atau lele belang dari perairan Afrika, ikan komet dan ikan koi dari Jepang.
Bahkan di antara ikan itu ada yang panjang tubuhnya mencapai dua meter dengan berat badan 70 kg.
“Pada masa liburan kemarin jumlah pengunjung meningkat drastis atau mencapai lima ribu wisatawan per hari. Wisata ini juga sangat cocok bagi siswa sekolah yang tengah libur. Selain berwisata, mereka bisa memperoleh ilmu pengetahuan dari tempat ini,” ujar Junjung.
Dalam perkembangannya, obyek wisata yang kini dikelola oleh putra Sarimun ini sekarang berkembang dengan menambah jumlah lokasi seperti waterbom, arena unggas dan arena bermnain anak anak.
Untuk menjangkau obyek wisata Taman Akuarium Purbasari Pancuranmas itu cukup mudah. Dari terminal Purbalingga, pengunjung bisa menggunakan angkutan pedesaan hingga sampai ke lokasi. (banyumasnews.com/nanang anna noor).
SEAWORD
SEAWORD 1

SEAWORD 2

SEAWORD 4

Tentang Penulis

& Komentar so far. Feel free to join this conversation.

  1. heri purwanto 15/12/2011 pukul 09:55 -

    Dengan adanya Aquarium Purbasari cukup mewakili tempat rekreasi di wilayah Banyumas tentunya. Pokoknya tetap terus lengkapi sarana pra sarana yang blm ada. PURBASARI MANTAAAABBB DEH…??!!

  2. eko sutrisno 10/12/2011 pukul 11:43 -

    Gue pelanggan tetap tiap tahun mengunjungi PPM purbalingga, yang sekarang semakin maju… jangan lupa sama BPW Emon Ardi Tour yang gak pernah absen utk membawa rombongannya berkunjung di PPM, …

  3. Farrah 23/10/2011 pukul 10:07 -

    aku ke sana waktu darmawisata kemarin tgl 22 september 2011,memang,selain ikan ada hewan hewan lain,seperti kalong,berbagai jenis burung,landak,tupai,dan masih banyak lagi….waktu di sana teman temanku asyik jeprat jepret memotret hewan hewan yang ada di sana……

  4. ruru 24/02/2010 pukul 15:47 -

    tempatnya oke..
    nyesel aku ketika kesana..gak renang…gak bawa baju renang dari semarang sich..
    rencana aku mo ksana lagi ma keluarga besar..
    harganya murah..
    pengen mendoan disana lagi..hehehe..

  5. artha 21/01/2010 pukul 11:09 -

    wah, menarik sekali, cocok juga untuk wisata keluarga, saat-saat libur sekolah. harga tiket masuknya berapa?

  6. mts n sidoharjo 05/01/2010 pukul 11:51 -

    mo tanya.. sekolah kami MTs N Sidoharjo kulon Progo, tanggal 8 januari 2009 mo wisata taman akuarium Purbasari Pancuranmas.
    1. apa saja yang disajikan untuk komunitas siswa?
    2. tiketnya harganya berapa?
    3. jam buka?
    terima kasih, bisa dijawab melalui email

  7. Tanah Ideogra 04/10/2009 pukul 19:39 -

    Wuihh…. Mantap boss….
    Murah meriah, isinya macem2, basisnya pendidikan pula..
    Salut deh ma pengelolanya, Purwokerto bisa ngiri nehh…
    Sayang belom ada Websitenya, trus kalo bisa lebih ditata lagi, coz dalemnya rada2 amburadul gt. Maju terus bwt Purbasari dehhh…

Leave A Response