Diguyur Hujan Deras,Jalur Alternatif Ajibarang Longsor

Ditulis 20 Nov 2009 - 19:52 oleh Banyumas1

LONGSOR

BANYUMAS-Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Banyumas, mengakibatkan jalur alternatif yang menghubungkan Kabupaten Banyumas dengan Cilacap longsor sepanajng 10 meter. Akibatnya jalur lumpuh. Sementara longsor juga mengancam puluhan rumah yang berada di sepanjang jalan tersebut.

Hujan deras selama dua hari di kabupaten banyumas ini mengakibatkan sejumlah ruas rusak.Bahkan jalur alternatif antar kabupaten Jumat (20/11) malam longsor. Jalan yang berada di desa Kracak Ajibarang Banyumas ini nyaris putus, karena separoh badan jalan sudah amblas.

Longsornya jalan yang berada di daerah pemukiman ini juga mengancam puluhan rumah yang berada di sisi jalan. Sejumlah kepala keluarga warga semalam memilih mengungsi ke rumah kerabat mereka yang aman, karena khawatir rumah mereka ambruk akibat pergerakan tanah.

Menurut warga, ruas jalan sepanjang 20 meter ini sebenarnya baru saja diperbaiki. Namun karena kualitas pembangunan yang jelek, sehingga pondasi yang menggunakan bronjong kawat ini ambro.Untuk menghindari kecelakaan, warga sementara membuat tanda peringatan bahaya dengan drum.

“ Selama dua hari hujan terus akibatnya jalan ini longsor. Kami yang rumahnya berada dekat jalan takut kalau kalau ada longsor lagi dan membawa rumah kami,” ujar Karno (56) warga setempat.

Sementara itu sejumlah ruas jalan utama Jakarta-Purwokerto semalam juga tergenang banjir setinggi 30 sentimeter. Kondisi terparah di ruas Losari Cilongok, Jatisari Pekuncen dan Pancasan Ajibarang. Air luapan dari sungai itu menghambat arus lalu lintas hingga menimbulkan kemacetan (banyumasnews.com/mut)

Tentang Penulis

Leave A Response