RS Emanuel Layani KB Tubektomi Gratis Bagi 143 Akseptor

Ditulis 20 Nov 2009 - 19:40 oleh Banyumas1

foto kb tubektomiBANJARNEGARA – Sebanyak 143 akseptor KB yang berasal dari 20 Kecamatan di Banjarnegara mendapatkan pelayanan KB gratis di Rumah Sakit Emanuel, Kecamatan Purwareja Klampok, Kamis (19/11). Jenis metode KB yang diberikan pada para akseptor adalah metode MOW (tubektomi) menggunakan teknik T.Mal (anesthesi local). Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan tahun 2009 yang difasilitasi oleh Kepala Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (BKBPP) Kabupaten Banjarnegara dan ditinjau langsung oleh Kepala BKKBN Pusat, dr. Sugiri Syarief, MPA.

Menurut Sugiri, kunjungan kerja yang dilakukan oleh BKKBN adalah untuk memantau pencapaian pelaksanaan program KB di Jawa Tengah, khususnya KB pria yang prosentasenya masih rendah. ”Realisasi pencapaian KB pria sampai dengan bulan September 2009 di beberapa Kabupaten seperti Banyumas baru mencapai 35,91 %, Purbalingga 36,21%, Cilacap 20,28 %, Kebumen 12,20 %, dan Banjarnegara 36,08 %. Untuk itulah perlu adanya pembinaan yang terus menerus agar sasaran kinerja Dinas yang terkait dapat terpenuhi,” tegasnya.

Sementara Kepala BKBPP, Drs. Bambang Siswanto mengatakan bahwa penyebab rendahnya partisipasi pria dalam ber KB dikarenakan masih terbatasnya jenis metode kontrasepsi pria dan jumlah penyuluh KB yang makin sedikit.

”Hanya ada dua alat kontrasepsi pria yaitu kondom dan Metode Operasi Pria (MOP) atau vasektomi. Selain itu, informasi KB bagi pria, khususnya tentang hak-hak reproduksi suami juga masih terbatas. Hal ini bisa dimaklumi karena jumlah penyuluh KB di Banjarnegara yang masih aktif tinggal 67 orang dengan total desa yang ditangani sebanyak 278 desa,” ujarnya.

Terpisah, Direktur RS.Emanuel, dr. Samuel Zacharias, Sp.B meyakinkan bahwa pihaknya siap membantu pelaksanaan program KB demi kesejahteraan masyarakat Banjarnegara. ”Berapapun permintaan orang yang ingin ber-KB di RS. Emanuel, kami siap melayani semaksimal mungkin demi suksesnya program KB di Banjarnegara,” jelasnya (banyumasnews.com/yoi)

Tentang Penulis

Leave A Response