Pasrah,setelah puluhan tahun menderita kaki gajah

Ditulis 19 Nov 2009 - 20:51 oleh Banyumas1

Kaki gajah 2

BANYUMAS- Di Banyumas jumlah penderita kaki gajah ternyata tergolong banyak.Kini terdapat 35 lebih penderita yang tersebar di sejumlah kecamatan. Salah satu warga kurang mampu yang bertahun tahun menderita kaki gajah akhirnya menyerah. Karena sudah tidak mampu lagi membiayai. Kini dia tergeletak di rumah, menunggu sisa hidup dan keajaiban Tuhan.

Begitulah nasib, Likum Muharjo warga rt 5 rw 3 desa Sudagaran Kecamatan Banyumas Kabupaten Banyumas.  Sejak tahun 1998 Likum harus menjalan hidup dengan kaki yang terus membesar.

Pria beranak dua, penderita kaki gajah ini sudah pernah berobat ke rumah RSUD Banyuas. Namun rumah sakit tak mampu hingga akhirnya dirujuk ke RS di Yogjakarta.

Selama dua bulan menjalani perawatan, namun tak juga sembuh. karena sudah tak memiliki biaya lagi, likum akhirnya dibawa pulang ke Banyumas. Selain berobat medis, Likum juga sudah puluhan kali dibawa ke orang pintar. namun lagi lagi tak berhasil. “ Saya sudah puluhan kali ke dukun dan orang pintas tetapi selalu gagal. Ya Allah,” ujar Likum sambil berkali kali menyebut nama Tuhan.

Menurut keluarga Likum mereka semula tidak menduga jika penyakit tersebut kaki gajah. mereka baru tahu setelah mendapat keterangan dari petugas medis.

Kini Likum hanya bisa pasrah tergolek di rumah ditunggui anak dan istrinya. Keluarga sudah tidak mungkin lagi mengupayakan pengobatan. Karena harta milik keluarga sudah terkuras habis. Kini tinggal rumah yang dihuni itulah harta satu satunya .

Menurut Kadinkes Banyumas,dr Widayanto, penderita kaki gajah Banyumas mencapai 35 orang lebih. Hingga kini belum ada yang bisa disembuhkan. “ Ya memang karena hanya bisa disembuhkan dengan obat khusus. Namun obat itu hanya bisa untuk mematikan cacing di dalam , sementara kaki tidak bisa kembali normal, karena kondisi tubuh yang terkena karena sudah permanent,” ujar Widyanto (banyumasnews.com/mut).

Tentang Penulis

Leave A Response