Pilkada 17 Daerah di Jateng Hamburkan Uang Rp 296 Miliar

Ditulis 18 Nov 2009 - 22:32 oleh Banyumas1

SEMARANG – Pesta demokrasi ala pemilihan kepala daerah (pilkada) yang akan digelar pada 17 kabupaten/kota pada tahun 2010 mendatang, ternyata harus menghabiskan uang negara hingga ratusan milyar rupiah. Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Jateng memprediksi, dana pilkada untuk 17 daerah mencapai Rp 296 milyar.

Ketua KPUD Jateng, Ida Budiati, mengatakan, jumlah anggaran sebesar itu merupakan perhitungan jika pilkada digelar dalam dua putaran. ”Jika 17 kabupaten/kota itu ternyata bisa menggelar pilkada dalam satu putaran saja, maka akan ada penghematan hingga 102,3 milyar.  Pilkada satu putaran menghabiskan dana sekitar Rp 193,7 milyar,” kata Ida.

Dikatakan Ida, data jumlah anggaran yang dihimpun mendasarkan pada laporan kebutuhan riil pilkada dari KPUD Kabupaten/kota untuk menggelar pilkada. Namun menurut Ida, di sejumlah kabupaten/kota, pengajuan anggaran tersebut masih terbentur beberapa kendala. Diantaranya terjadinya masa transisi DPRD serta terhamtnya pembentukan alat kelengkapan legislatif, dan tidak adanya dana alokasi cadangan untuk pilkada. ”Hal ini tentunya menjadi persoalan tersendiri. Disatu sisi harus dilakukan pilkada, namun disisi lain terdapat keterbatasan daerah dalam pembiayaan pilkada,” kata Ida Budiati. (banyumasnews.com/tgr)

Ida Budiati, Ketua KPU Jateng (foto:tgr/BNC)

Ida Budiati, Ketua KPU Jateng (foto:tgr/BNC)
Tentang Penulis

Leave A Response