Fapet Unsoed Dampingi Peternak Domba Batur

BANJARNEGARA–Untuk meningkatkan pengetahuan peternak dalam memelihara domba Batur, Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman (Fapet Unsoed) Purwokerto memberikan pendampingan dan penguatan kelompok peternak domba Batur. Kegiatan yang menghadirkan dua dosen senior Unsoed, Akhmad Sodik dan Mas Yedi Sumaryadi itu, berlangsung di Aula kantor Kecamatan Batur, Rabu (18/11), diikuti 70 peternak yang tergabung dalam 16 kelompok ternak domba Batur.

Camat Batur Edi Puji Waluyo mengatakan, berdasarkan pendataan, saat ini terdapat 400 peternak domba Batur,dengan jumlah ternak sekitar 17 ribu ekor kambing dan domba. “Selama ini, pemasaran kambing dan domba khas Batur, Banjarnegara itu tidak hanya di sekitar Banjarnegara saja, namun sudah merambah hingga Sumatera, ” ujar Edi Puji Waluyo.

Wakil Bupati Banjarnegara Drs. Soehardjo MM mengatakan, Kecamatan Batur yang berhawa dingin sangat cocok untuk beternak domba dan sapi. Hal ini terbukti dengan dinobatkannya domba batur sebagai juara nasional pada lomba ternak tahun 2003 silam.

Wabub berharap, adanya pendampingan dari Fakultas Peternakan Unsoed, para peternak bisa mengembangkan ternak berdasarkan teknologi peternakan terbaru .“Selama ini masih banyak peternak yang menggunakan tradisi turun temurun dalam beternak, tanpa adanya inovasi. Sebab itu, pendampingan seperti ini dipandang perlu, agar kelak produksi ternak di Batur semakin meningkat,” harap Wabup Soehardjo. (banyumasnews.com/tgr)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.