BKSDA Jateng evakuasi belasan ekor hewan langka

Ditulis 17 Nov 2009 - 14:24 oleh Banyumas1

BANJARNEGARA – Menyusul ditemukannya 14 ekor hewan langka jenis kijang muncak (Muntiacus muntjak) dari penangkaran milik pribadi milik Muryono (55) warga Desa Wanadadi Kecamatan Wanadadi, Banjarnegara,  Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Tengah (Jateng) wilayah II.

Binatang dilindungi itu di evakuasi dari Kebun Binatang Kaloka Widya Manggala menuju Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas Banjarnegara.

Dedy Rusyanto, staf Staf Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jateng wilayah II Cilacap mengatakan, pengambilalihan berbagai jenis satwa langka sebagai koleksi pribadi karena kondisinya tidak memiliki izin penangkaran.

“Setelah mendapatkan laporan dari Polres Banjarnegara, BKSDA Jateng mengambil langkah-langkah upaya penyelamatan dengan mengevakuasi semua hewan koleksi tersebut ke Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas (TRMS),” kata Dedy.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Polres Banjarnegara mengamankan 14 satwa dilindungi jenis kijang muncak (Muntiacus muntjak) dari salah seorang warga. Satwa tersebut diamankan dari Muryono (55) warga Wanadadi. Polres juga memeriksa memeriksa pelaku pemelihara.

Dari hasil pemeriksaan, tersangka mengaku memelihara dan menangkar hewan dilindungi tersebut sejak 1991 silam. Awalnya, pelaku membeli sepasang kijang dari seseorang. Kemudian, satwa yang telah dibeli tersebut dipelihara hingga pernah mencaai 28 ekor, dan kini tinggal 14 ekor, sementara lainnya ada yang mati, di jual serta di sembelih. (banyumasnews.com/tgr)

Tentang Penulis

Leave A Response