Pengalaman wisata: Sensasi Menaklukan Jeram Serayu di Singomerto

menaklukan jeram serayu 2SUNGAI Serayu yang melintasi dan menghidupi warga ‘Banyumasan” dari mulai Banjarnegara hingga Cilacap, memiliki panorama yang tak habis-habisnya untuk kita nikmati. Salah satunya adalah dengan olahraga petualangan ‘rafting’ alias arung jeram di sungai Serayu hulu, di Singomerto, Sigaluh, Kabupaten Banjarnegara.

Arung jeram bagi yang belum merasakan langsung olah raga penuh keberanian ini,  kedengarannya ‘mengerikan’ dan dianggap sebagai oleh raga ‘beresiko tinggi’. Ngeri takut terbawa arus (Jawa: kendang / keli), takut terbentur batu, dan ketakutan lainnya. Tentu tidak sepenuhnya salah anggapan tersebut. Namun sebenarnya arung jeram memiliki tingkatan (grade), dari kelas yang tantangannya paling ringan sampai yang berat. Semakin tinggi grade, tentu semakin beresiko.

Untuk pemula, bahkan untuk yang tidak bisa berenang sekalipun, bisa  langsung terjun ke grade III.Seperti di SERAYU Adventure Singomerto Banjarnegara ini. Loh kok langsung ke kelas tiga? Ya, karena rafting memiliki peralatan yang cukup untuk mencegah dan mengantisipasi resiko yang mungkin terjadi. Ada pelampung, tali, helm, dayung dan pastinya ada guide di setiap perahu karet yang kita naiki.

Lokasi rafting di hulu Serayu dekat lereng Dieng ini, tepatnya di Singomerto, Kecamatan Sigaluh, Kabupaten Banjarnegara, ini memiliki berbagai pilihan arung jeram berdasar jarak tempuh dan tentun saja kesulitan. Untuk pemula boleh lah dicoba dengan starting point Sigaluh – Singomerto dengan durasi 3 jam (termasuk istriharat setengah jam di rest Area dengan suguhan kelapa muda dan tempe mendoan).

Sebelum memulai rafting, kita memakai pelampung dan helm di basecamp di Singomerto (pertigaan Singomerto ke utara kurang lebih 100 meter), kemudian oleh pihak Serayu Adventure kita dibawa dengan angkot ke lokasi start, yaitu di dekat perbatasan Banjarnegara Wonosobo. Di situ kita akan diberikan pengarahan (briefing) oleh tim dari Serayu Adventure tentang bagaimana mengenakan pakaian pelampung dan helm secara benar.

Diberikan pengertian caya mendayung, dayung maju, dayung mundur. Juga cara-cara penyelamatan apabila ada rekan yang ‘terjatuh dari kapal’. Dijelaskan pula istilah-istilah perintah selama rafting. Ketika sudah di atas kapal, kita pun masih berlatih sebentar praktek mendayung di arus air yang tenang.

Dan ‘praktek di lapangan’ lebih menyenangkan dan ups… benar-benar pengalaman baru! Derasnya arus air dan bongkahan batu yang terlihat keras dan seram dilihat dari atas, begitu kita terjun ke sungai langsung, dengan teknik penaklukan yang tidak sesulit yang dibayangkan, kita akan dapat lalui dengan riang. Kuncinya adalah tidak panic dan anggota team dalam satu kapal yang solid.

Pemandangan alam nan indah dan masih alami jauh dari polusi, memberi kesegaran tersendiri. Banyak yang semula ragu untuk ikut rafting, begitu naik perahu dan merasakan sensasinya, merasa kepengin lagi dan ‘kurang’ kalau hanya tiga jam.

Serayu Adventure yang menaungi olah raga petualangan ini, menerima rombongan minimal 5 orang (harga 185 ribu/orang untuk jarak terpendek), dengan fasilitas seorang pemandu, kelapa muda di rest area, dan makan seusai rafting. Untuk rombongan di atas 30 orang diberikan discount tersendiri. Selain rafting, Serayu Adventure juga menerima poaket pelatihan melalui kegiatan rafting yang diintegrasikan dengan outbond. Anda mau mencoba? Informasi lebih lengkap dapat dilihat di www.serayuadventure.com (banyumasnews.com/phd)

latihan dayung maju - mundur

berusaha jaga keseimbangan... pegangan!

menantang jeram... hampir 'kejengkang'

melongok teman di bawah yang sudah mluncur...

separo perjalanan, kelapa muda segarrrr

pemanasan dulu...

tidak sesulit yang dibayangkan... sambil teriak... kok

sampai di finish point... alhamdulillah!!!!

puasss... rintangan terlewati!

pemandangan di basecamp

4 Comments

  1. tunggu aku akan menaklukan sungai serayu,dari rombongan DINAS KESEHATAN KAB. PEKALONGAN…tgl Kamis,13 Mei 2010….

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.