Ketua BPH UMP dikukuhkan sebagai Guru Besar di UNS

Ditulis 13 Nov 2009 - 15:27 oleh Banyumas1

PURWOKERTO-Logo UMP BerwarnaKetua Badan Pelaksana Harian Universitas Muhammadiyah Purwokerto (BPH UMP), Prof Dr Baedhowi,M.Si dikukuhkan sebagai guru besar manajemen Sumber Daya Manusia di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Solo, Kamis (12/11).
Humas UMP, Heri Purnomo mengemukakan, Prof. Dr. Baedhowi, M.Si membawakan pidato ilmiah di hadapan sidang senat terbuka UNS, berjudul “Tantangan Profesionalisme Guru Pada Era Sertifikasi”.
Baedowi mengemukakan, sebanyak 60 persen dari 2.607.311 tenaga pendidik di Indonesia baik guru taman kanak-kanak (TK), pendidikan dasar dan menengah negeri maupun swasta belum memenuhi standar kualifikasi akademik.
“Dari 2.607.311 guru itu baru sekitar 1.043.000 (40 persen) yang telah meneyelesaikan pendidikan diploma empat atau sarjana (S 1). Sedangkan sisanya yang berjumlah sekitar 1.564.311 orang (60 persen) belum memiliki latar belakang pendidikan diploma empat atau sarjana,” ujarnya.
Kondisi itu menjadi tantangan bagi pemerintah untuk dapat mewujudkan semua guru memiliki kualifikasi akademik minimum sebagaimana yang diamanatkan oleh undang-undang.
Dijelaskan, upaya peningkatan kualifikasi akademik guru juga sejalan dengan salah satu poin penting Deklarasi Bali yang diprakarsai sembilan menteri pendidikan dari negara-negara berpenduduk terbesar di dunia yaitu China, India, Brasil, Mesir, Bangladesh, Pakistan, Mesiko, Nigeria dan Indonesia.
Terkait dengan penyediaan dana penunjang studi lanjut para guru, ia mengatakan pemerintah menyediakan beasiswa atau tunjangan pendidikan kepada guru secara bertahap karena keterbatasan anggaran yang tersedia.
Oleh karena itu, pemerintah daerah juga diimbau membantu menyediakan dana untuk biaya studi lanjut bagi guru secara bertahap dan terencana.(banyumasnews.com/tgr)

Tentang Penulis

Leave A Response