PIK-KRR Cahaya Remaja Desa Klampok ditinjau tim provinsi

Ditulis 12 Nov 2009 - 16:53 oleh Banyumas1

BANJARNEGARA – Badan Keluarga Berencana Dan Pemberdayaan Perempuan (BKBPP) Kabupaten Banjarnegara mendapat tinjauan langsung dari BKBPP Provinsi Jawa Tengah, Rabu (11/11) kemarin. Tinjauan ini dimaksudkan untuk memonitoring kegiatan Pusat Informasi dan Konseling Kesehatan Reproduksi Remaja (PIK-KRR) Cahaya Remaja Desa Klampok, Kecamatan Purwareja Klampok.

Ketua PIK Cahaya Remaja, Makmun, mengatakan selama ini banyak kegiatan yang telah mereka laksanakan. ”Beberapa diantaranya adalah kegiatan ekonomi produktif seperti membuat krupuk, pindang kering, dan keramik. Kami juga sering mengadakan seminar seputar program melek seks dan kesehatan reproduksi. Selain itu pengurus menyediakan sepatu bola sebagai sarana untuk merangsang remaja agar membudidayakan olah raga,” ungkapnya.

Menurut Maksun, kegiatan yang positif tersebut sangat membantu Pemerintah untuk mengurangi tindakan-tindakan negatif yang dilakukan oleh remaja. “Sesuai tujuan pendirian PIK-KRR, arah kebijakannya adalah mewujudkan Tegar Remaja dalam rangka Tegar Keluarga untuk mencapai Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera. Tegar Remaja adalah upaya menjadikan remaja berperilaku sehat, menghindari seksualitas bebas, pendewasaan usia perkawinan, dan berani tampil sebagai remaja berprestasi yang memberi teladan bagi remaja sebayanya,” jelasnya.

Sementara itu, Rusli, selaku juru bicara BKBPP Provinsi mengungkapkan bahwa tujuan dari tinjauan tersebut adalah untuk melihat program-program yang sudah berjalan, memonitoring, dan mengidentifikasi kendala yang dihadapi. ”Kami akan membantu untuk mengusulkan ke atas apa yang masih dibutuhkan dan menjadi kendala di lapangan agar PIK-KRR yang ada di Banjarnegara bisa terus berjalan dan diakui manfaatnya oleh masyarakat setempat,” ujarnya.

Terpisah, Drs. Bambang Siswanto, Kepala BKBPP Kabupaten Banjarnegara mengatakan dari 25 PIK-KRR yang ada di Kabupaten Banjarnegara, PIK-KRR Cahaya Remaja telah berjalan dengan baik. ”Belum lama ini mereka bahkan mengadakan jambore di Kalilandak yang diikuti oleh semua PIK-KRR dari tiap-tiap Kecamatan. Selain agenda rutin yang sudah berjalan, harapannya, setelah tinjauan ini PIK Cahaya Remaja lebih eksis di tengah-tengah masyarakat dan menjadi contoh bagi PIK-KRR Kecamatan lain untuk mengurangi kegiatan negatif remaja di Banjarnegara,” tegasnya (banyumasnews.com/yoi)

Tentang Penulis

Leave A Response