Pilkada di 17 kabupaten/kota dengan cara mencoblos

logo kpu4

MAGELANG – Berbeda dengan pelaksanaan pemilu legislatif dan pilpres beberapa waktu lalu, plaksanaan Pilkada di  17  wilayah Kabupaten /Kota di Jateng yang akan serentak dilaksanakan  April hingga Juni 2010 dipastikan menggunakan metode mencoblos bukan mencontreng.

“Perubahan mencoblos menjadi mencontreng dan berubah lagi menjadi mencoblos bukan maunya KPU, tetapi KPU  tunduk pada UU 32/2004,”kata Ketua KPU Provinsi Jateng, Ida Budiarti SH MH usai pengambilan sumpah  Pergantian Antarwaktu (PAW) anggota KPU Kota Magelang di Gedung Wanita Kota Magelang, Senin ( 9/10).

Menurut Ida, dengan adanya  perubahan pelaksanaan pilkada tersebut mau tidak mau KPU di masing  wilayah yang akan menggelar pilkada, harus segera melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Dalam melaksanakan sosialisasi tersebut  diperlukan dukungan dari anggaran dari masing-masing  APBD kota/kabupaten yang menggelar pilkada. Namun, bagi KPU di kabupaten/kota yang akan menggelar pilkada tersebut menghadapi permasalaah yakni ketersediaan anggaran.

Ida menambahkan, dari 17 daerah di Provinsi Jateng yang akan menggelar pilkada tersebut, yang paling cepat akan melaksanakan pesta demokrasi untuk memilik kepala daerah yang baru yakni wilayah Kota Pekalongan yakni pada 7 April 2010 mendatang. Selain itu, yakni Kota Semarang, Kota Surakarta, Rembang, Purbalingga dan  Kebumen. ”Sedangkan untuk Kota Magelang, rencana pelaksanaan Pilkada tersebut akan digelar pada  6 Juni 2010 mendatang,”tambah Ida. (banyumasnews.com/tgr)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.