90 anggota PPK Pilkada dilantik dan diambil sumpah

90 anggota PPK Pilkada Purbalingga dilantik (foto:tgr/BNC)
90 anggota PPK Pilkada Purbalingga dilantik (foto:tgr/BNC)

PURBALINGGA – Sebanyak 90 orang anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pemilu Bupati dan Wakil Bupati atau Pemilihan kepala Daerah (Pilkada), Senin (9/11) dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua KPUD Purbalingga Heri Sulistiyono, ST di Pendopo Dipokusumo.

Heru Sulistiyono mengemukakan, para anggota PPK yang dilantik dan diambil sumpahnya berasal dari 18 kecamatan yang ada. Setiap kecamatan terdiri lima orang. PPK akan bekerja selama delapan bulan sejak dilantik. “Dari 170 pendaftar calon anggota PPK, sebanyak 165 orang dinyatakan memenuhi syarat administrasi. Lima orang tidak lolos karena umur masih dibawah 25 tahun. Setelah dilakukan seleksi pada 1 – 4 nopember, akhirnya ditetapkan sebanyak 90 orang,” kata Heri Sulistiyono.

Heri meminta, setelah anggota PPK dilantik dan diambil sumpah, agar segera memilih ketua PPK, dan mengkomunikasikan dengan camat dalam rangka pengusulan sekretaris dan staf secretariat PPK. Tugas PPK selanjutnya juga menjalin komunikasi yang baik dengan Muspika dan stakeholder kecamatan masing-masing.

“Anggota PPK juga harus melakukan sosialisasi dengan mengajak masyarakat untuk berpartisipasi aktif mensukseskan pilkada 2010 dimulai dari diri sendiri, keluarga dan masyarakat dilingkungannya,” pinta Heri.

Heri mengingatkan, persoalan administrasi kependudukan terutama berkaitan dengan data pemilih sering menjadi polemic dan konflik. Persoalan yang muncul, lanjut Heri, antara lain data calon pemilih ganda, dan  penduduk yang belum terdaftar meski sudah memiliki hak pilih.

“Berangkat dari pengalaman tersebut, meski DP4 (Daftar penduduk Potensial Pemilih pemilu) sudah dibuat oleh Pemkab, namun karena antara ditetapkannya DP4 dengan DPT masih ada tenggang waktu, sekitar 3 bulan, sehingga perlu dilakukan pemutahiran data,” kata Heri.

Sementara itu Bupati Purbalingga Drs H Triyono Budi Sasongko, M.Si mengingatkan kepada anggota PPK untuk bekerja professional dan tidak memihak kepada calon manapun. “PPK juga harus cepat tanggap terhadap setiap permasalahan yang timbul, untuk segera dilaporkan dengan melakukan koordinasi kepada KPU,” kata Bupati Triyono. (banyumasnews.com/tgr)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.