Kapal jasa pelayaran waspadai gelombang laut Cilacap

Ditulis 08 Nov 2009 - 20:23 oleh Banyumas1
|
Berita Kategori
Tak Berkategori
33
Dalam Tag
Meski diperingatkan BMG,nelayan Cilacap tetap melaut (foto:tin/BNC)

Meski diperingatkan BMG,nelayan Cilacap tetap melaut (foto:tin/BNC)

CILACAP – Para pengguna jasa pelayaran, seperti kapal-kapal besar (feri dan tongkang atau LPG) hingga para nelayan baik menggunakan kapal jenis trowl maupun kapal tradisional agar mewaspadai kondisi perairan laut Cilacap belakangan ini. Meski ketinggian gelombang di Perairan Cilacap tidak seganas beberapa waktu lalu, tetapi pihak Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Cilacap meminta untuk.

Teguh Wardoyo,petugas cuaca BMG Cilacap,menuturkan  ketinggian gelombang di Perairan Cilacap sejak memasuki akhir pekan kemarin hingga pada Minggu (8/11) terus menurun yakni hanya sekitar 2,5 meter. Tetapi katanya, kondisi gelombang ini bukan hanya terjadi di Perairan Cilacap saja, melainkan berlaku untuk wilayah Perairan Jawa Tengah Selatan hingga Perairan Yogyakarta.

“Namun kondisi ini sewaktu waktu berubah, dan kemungkinan gelombang tinggi tetap ada. Karena itu agar tetap waspada,” ujar Teguh.

Meski ada peringatan BMG, namun sejumlah nelayan tetap nekad melaut. Mereka mengaku lebih baik menghadang bahaya gelombang, ketimbang dirinya libur melaut. Karena profesi nelayan adalah satu-satunya mata pencaharian satu satunya bagi merea. ” Yang penting kita tetap waspada dan selalu siap untuk menghadapi laut,”ujar Sardi (32) seorang nelayan di Teluk Penyu (banyumasnews.com/tin)

Tentang Penulis

Leave A Response