Soal jago pilkada, DPC dan DPAC Demokrat Purbalingga berseberangan

Ditulis 07 Nov 2009 - 21:23 oleh Banyumas1

PURBALINGGA – Menjelang pemilihan kepala daerah Purbalingga periode 2010 – 2015, DPC Partai Demokrat dan DPAC (Dewan Pengurus Anak Cabang) berseberangan. DPC mulai menjajaki untuk mengusung bakal calon selain Drs H Heru Sudjatmoko, M.Si. Sementara 17 DPAC menyatakan siap mengusung HS pada pilkada 18 April 2010 mendatang dengan resiko apapun. 

Dukungan 17 DPAC Partai Demokrat disampaikan melalui surat pernyataan yang ditandatangani oleh para pengurus DPAC dan ranting Partai Demokrat. Satu DPAC yang tidak menandatangani adalah DPAC Bojongsari. ”Kami siap mendukung Pak Heru karena kami sudah cukup mengenal sosok Pak Heru. Kita ketahui bersama, Partai Demokrat juga turut mencalonkan Pak Heru pada Pilkada yang lalu,” kata Sekretaris DPAC Partai Demokrat Kalimanah, Teguh Purwanto.

Teguh mengatakan, DPAC tetap mendukung Pak Heru meskipun DPC Partai Demokrat telah melakukan penjajakan ke calon lain. ”Kita sepakat mendukung Pak Heru. Kami belum mengenal calon lain selain Pak Heru,” tegas Teguh.

Secara terpisah, salah seorang pengurus DPC Partai Demokrat, Adi Yuwono mengatakan, melihat kebulatan dukungan pencalonan bagi Pak Heru itu, pihaknya meminta kepada DPC untuk melaksanakan penjaringan sesuai mekanisme partai. ”Proses penjaringan termasuk rakercabsus itu harus dimusyawarahkan bersama dengan DPAC,” kata Adi Yuwono yang juga wakil Ketua DPRD Purbalingga.

Ketua DPC Partai Demokrat M Iqsan ST yang dikonfirmasi mengatakan, sesuai mekanisme Partai Demokrat, proses penjaringan tersebut akan dilakukan oleh Tim Sembilan. Partai Demokrat akan membuka kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat yang akan maju dalam Pilkada 2010 melalui partai Demokrat. ”Sepanjang memenuhi syarat, siapa saja boleh mendaftarkan diri. Kami menganut asas terbuka dan tidak diskriminatif,” kata Iqsan.

BBS klaim didukung Demokrat dan Golkar

Sementara itu, bakal cabup Purbalingga Bambang Budi Suryono (BBS) menyatakan tak risau dengan adanya dukungan yang diberikan 17 PAC Partai Demokrat untuk mendukung Heru Sudjatmoko sebagai cabup. Menurutnya dia kemungkinan besar akan mendapatkan kendaraan dari dua parpol guna menjadi cabup, salah satunya adalah Demokrat.

“Saya sudah pegang dua partai, yaitu Demokrat dan satu lagi Partai Golkar. Soal adanya aspirasi dari pengurus kecamatan dan kabupaten terhadap calon lain itu tak masalah. Karenan nanti akan ada sikap tegas dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) untuk mendukung saya,” tegasnya

Secara terang-terangan Bambang mengatakan dirinya telah bertemu dengan petinggi DPP Demokrat. Bahkan dengan Ketua DPC Partai Demokrat Purbalingga dirinya juga telah menyatakan niat guna mencalonkan diri. Makanya dia merasa tak risau. “Pada saatnya nanti saya akan deklarasikan pencalonan saya,” kata Bambang.  

logo demokrat1Dengan Partai Golkar BBS juga telah menjalin komunikasi.  Bahkan dia mengatakan telah bertemu dan bekomunikasi dengan empat pengurus Golkar. Makanya dia merasa optimistis akan mendapatkan kendaraan melalui dua parpol tersebut. “Tidak perlu banyak partai, cukup dua partai saya pegang untuk mencalonkan diri sebagai bupati,” kata Bambang. (banyumasnews.com/tgr)

Tentang Penulis

Leave A Response