6 Operasi plastik pertama di dunia

Ditulis 29 Nov 2013 - 15:22 oleh Sista BNC

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek), khususnya di bidang kedokteran, tentu tidak mungkin pernah tercapai tanpa melalui percobaan. Kita perlu menghargai dokter atau tim dokter yang berani melakukan tantangan ini. Pujian juga perlu diberikan kepada pasien yang bersedia menjadi kelinci percobaan demi kemajuan dunia kedokteran. Berikut ini enam operasi plastik pertama di dunia.

1. Walter Yeo, awak HMS Warspite, wajah rusak akibat pertempuran laut

operasi plastik pertama di dunia

Proses operasi pada Walter Yeo. (Foto: wikipedia)

—-

Walter Yeo, seorang pelaut Inggris dalam Perang Dunia I, sering disebut sebagai orang pertama yang menjalani operasi plastik. Dia memiliki beberapa luka di wajahnya, sehingga terlihat sangat mengerikan, termasuk kehilangan kelopak mata atas dan bawah.

Kejadian bermula ketika Walter Yeo mengawaki kapal HMS Warspite (tahun 1916). Jalur yang dilaluinya, Jutland, justru menjadi ajang pertempuran laut. Ternyata kapalnya dihantam meriam dan menghancurkan wajahnya. Beruntung nyawanya masih bisa diselamatkan.

Setahun kemudian, 1917, Walter dirawat Sir Harold Gillies, orang pertama yang menggunakan pencangkokan kulit pada area tubuh yang utuh. Gillies yang dikenal juga sebagai Bapak Operasi Plastik, membuka klinik spesialis perawatan luka wajah di RS Queen Mary di Sidcup, Kent.

Pak dokter lantas memberikan kelopak mata baru kepada Walter, pelaut muda asal Plymouth, Devon ini. Ia juga diberi semacam “topeng”, yaitu cangkok kulit yang melintasi bagian wajah dan matanya.

Halaman: 1 2 3 4 5 6

 halaman-berikutnya
Pages: 1 2 3 4 5 6
Tentang Penulis

Leave A Response