200 KK Miskin Banjarnegara akan terima bantuan rumah

Sebanyak 200 Kepala Keluarga (KK) miskin Banjarnegara akan menerima bantuan bahan bangunan rumah senilai masing-masing Rp.10 juta dari Departemen Sosial RI. Rencananya, penyerahan bantuan yang akan diberikan langsung oleh Menteri Sosial H Bachtiar Chamsyah SE akhir bulan Juli ini.
Sekda Kabupaten Banjarnegara Syamsudin SPd MPd yang memimpin rapat persiapan kunjungan menteri ini mengatakan pihaknya melalui Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi akan menyeleksi ketat keluarga miskin sasaran. Untuk itu, diturunkan 10 tim ke desa-desa di 20 kecamatan se-Kabupaten Banjarnegara untuk melaksanakan survei lapangan demi meminimalisasi bantuan salah sasaran.
Sebanyak 10 tim masing-masing beranggotakan dua orang ini telah mulai bergerak sejak sepekan lalu dilengkapi alat dokumentasi sehingga dipastikan data yang dikumpulkan valid dan akurat. Dari 20 kecamatan, masing-masing diambil dua desa sehingga masing-masing desa ada lima kepala kerluarga miskin yang menjadi prioritas sasaran. Hasil survei ini akan dituangkan dalam surat permohonan dan proposal yang kemudian dikirimkan ke Departemen Sosial RI sebagai masukan.
Untuk mendukung kegiatan ini, Pemkab Banjarnegara diharuskan menyediakan dana pendampingan yaitu untuk mengurus semua kegiatan teknis, mulai dari survei lapangan hingga masalah seremonial.
Selain bantuan bahan bangunan rumah untuk 200 KK miskin, pada hari yang sama Mensos juga akan menyerahkan bantuan kepada salah satu organisasi Islam di Banjarnegara senilai Rp. 100 juta. Meskipun semua persiapan telah dilakukan, hingga saat ini belum dapat dipastikan hari dan tanggal pelaksanaan penyerahan bantuan sosial ini. (banyumasnews.com/est)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*