Purbalingga canangkan bulan bhakti gotong royong

PURBALINGGA – Bupati Purbalingga Drs Triyono Budi Sasongko MSi, Kamis (5/11) mencanangkan pelaksanaan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) tahun 2009. Pencanangan ditandai dengan berbagai kegiatan antara lain bantuan beras Padat Karya Pangan (PKP) di Desa Rabak, meninjau pengaspalan jalan dengan dana stimulan Alokasi Dana Desa (ADD) sepanjang 2 kilometer pada 3 ruas jalan desa.

Setelah melakukan pencanangan BBGRM di Desa Sidakangen, bupati meninjau pelaksanaan Program Stimulan pemugaran Rumah keluarga Miskin (PSPR Gakin) yang bersumber dari dana sosial P2KP, pembangunan Poliklinik Kesehatan Desa (PKD), penanaman Toga dan peninjauan Pos PAUD di Desa Sidakangen. di lapangan desa Sidakangen, Kalimanah.

Bupati Triyono mengungkapkan, budaya gotong royong yang saat ini disinyalir mulai memudar harus segera diupayakan solusi pencegahannya. Salah satunya dengan dukungan lembaga kemasyarakatan lokal yang terdiri dari Badan Perwakilan Masyarakat, LKMD, Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM). Melalui lembaga itu, semangat gotong royong di masyarakat bisa dipupuk untukmeningkat.

“Saya yakin semangat gotong royong akan solid dan tidak memudar karena materialistis dan hedonisme saat ini. Gotong royong tidak dapat dipisahkan dari lembaga-lembaga itu dan masyarakat sendiri,” kata Bupati Triyono.

Keberadaan lembaga lokal itu bisa menjadi wadah yang merumuskan rencana dan kebijakan lokal yang menjadi prioritas untuk pelaksanaan kegiatan gotong royong. Lembaga kemasyarakatan itu juga harus menyadari jika gotong royong mampu mendukung kenerhasilan pembangunan. “Gotong royong mampu mendukung keberhasilan berbagai kegiatan pembangunan di desa-desa. Sejumlah bukti sudah ada melalui berbagai program pembangunan yang dilaksanakan,” kata Bupati Triyono. (banyumasnews.com/tgr)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.