Rahasia manajemen stres dan relaksasi

Tidak peduli apa jalur karir yang telah Anda pilih, pengetahuan dan kemampuan mengelola stres dan berelaksasi adalah kunci kesuksesan Anda. Kemampuan menjaga tingkat stres, tidak hanya akan meningkatkan kualitas pekerjaan Anda, tetapi juga akan meningkatkan kualitas hidup Anda. Pertimbangkan hal-hal berikut dan belajarlah untuk mengurangi beban hidup.

Itulah kata pengantar yang sangat menarik dari Mohajatok Shahid Al Bokhari ketika dia mengunggah video relaksasi di youtube dengan judul “Relaxation Music For Stress Relief And Healing Meditation”. Ketika saya tulis artikel ini, videonya yang telah saya konversi dalam bentuk MP3 itu telah dilihat pengunjung youtube sebanyak 1.342.834 kali.

Komentar teratas dari penonton video itulah telah menggerakkan saya menuangkan tulisan Mohajatok Shahid Al Bokhari  yang dia beri judul “The Importance of Stress Management and Relaxation“ ke blog ini.

Pengunjung dengan username Olwen Cresser itu mengatakan, “words can`t begin to describe how much of an impact this had on my night. It relieved my temporary stress and let me sleep well. My life is full of stress lonliness; but stuff like this give me hope and led me call on god.” Intinya, dia sangat merasakan manfaat mendengarkan music relaksasi yang diungguh Mohajatok Shahid Al Bokhari.

Silakan simak penjelasan selengkapnya dari Al Bokhari tentang pentingnya relaksasi dan manajemen stres berikut ini.

Teknik Manajemen Stres
Belajar manajemen stres dan teknik relaksasi penting bagi siapa pun, khususnya bagi mereka yang bekerja di rumah. Bekerja di rumah berarti menggabungkan stres kerja dan stres keluarga di atap yang sama. Hal ini dapat menggandakan tingkat stress, misalnya tekanan dari tenggat penyelesaian pekerjaan dan sekaligus penyelesaian tugas rumah tangga.

Berikut ini beberapa teknik manajemen stres terbaik yang perlu diketahui:

Ketahui penyebabnya: Kenali situasi seperti apa yang biasanya paling besar menyebabkan sobat stres, dan coba hindari jika bisa. Ketika situasi pemicu stres datang, cobalah untuk menyadarinya bahwa hal seperti itu akan menyebabkan Anda stres. Itulah langkah pertama untuk Anda dalam belajar mengelola stres.

Latihan: Ambil waktu dalam jadwal harian Anda selama 15 sampai 30 menit untuk melakukan latihan. Berolahraga akan membantu Anda memfokuskan energi Anda dan membantu Anda keluar dari perasaan frustrasi.

Renungkan: Apakah Anda bermeditasi di awal atau akhir hari, selalulah meluangkan waktu beberapa saat untuk refleksi. Sisihkan waktu selama lima menit untuk duduk diam dan berpikir tentang tujuan (hidup) Anda dan hal itu akan membuat Anda lebih rileks.

Mengatur: Sederhananya, atur  hidup Anda dengan cara yang realistis.  Membuat daftar dan mengurai penyebab kekacauan piker adalah cara sempurna untuk menghapus segala kekacauan dari hidup Anda.

Manfaat kesehatan

Manajemen stres dan relaksai yang tepat dapat membawa banyak manfaat bagi kesehatan. Mengurangi stres, dengan belajar untuk berpikir jernih dan fokus pada tujuan Anda, menyebabkan terjadinya peningkatan energi untuk melakukan hal-hal lain yang ingin Anda lakukan, dan akan menyebabkan tidur Anda lebih berkualitas.

Manfaat kesehatan lainnya dari manajemen stres dapat mencakup: penurunan berat badan, peningkatan sistem kekebalan tubuh, perbaikan tekanan darah, kendali kesehatan jantung, dan perbaikan memori otak secara lebih baik.

Gabungan dari semua manfaat itu jelas akan memberikan keuntungan yang sangat besar, kesehatan untuk hidup lebih lama.

Peningkatan Hubungan

Selain manfaat kesehatan dari manajemen stres dan relaksasi, Anda juga dapat menikmati manfaat lain, yakni peningkatan hubungan yang lebih baik dengan orang di sekeliling Anda. Ketika Anda stres, keluarga Anda merasakan efek stres itu, karena bisa saja Anda menularkan amarah dan frustrasi pada anggota keluarga.

Jika Anda mengurangi stres dan lebih rileks, Anda akan lebih bahagia, dan pada gilirannya, keluarga Anda akan lebih bahagia pula.

Relaksasi dan Meditasi Teknik

Berbagai teknik manajemen stres yang dikenal selama ini bertujuan memberikan kita kemampuan untuk mengontrol respon tubuh terhadap stres atau kecemasan. Teknik ini memberikan pengetahuan kepada kita untuk belajar rileks melalui berbagai teknik, seperti meditasi. Seperti halnya setiap keterampilan apapun, penguasaan atas teknik ini memerlukan praktek berkesinambungan, setiap hari.

Meditasi
Indahnya (berlatih) meditasi adalah bahwa hal itu memungkinkan Anda bisa “melepaskan” kekhawatiran dan membuat Anda benar-benar meraswa hidup. Orang-orang yang bermeditasi secara teratur mengakui adanya perbaikan fisik, mental dan spiritual.

Untuk memulai latihan meditasi, Anda perlu menemukan tempat tenang, jauh dari telepon, televisi, teman, keluarga, dan gangguan lain.

Ada beberapa cara berbeda untuk bermeditasi. Praktek meditasi sering melibatkan belajar bernyanyi, pernapasan dan teknik mantra. Awalnya, pikiran Anda mungkin mengembara ketika Anda kali pertama mulai bermeditasi. Dengan melatih pikiran Anda untuk fokus pada saat ini, Anda akhirnya akan menemukan diri Anda berubah dan merasa sangat damai dan berisi.

Kebanyakan ahli merekomendasikan meditasi dilakukan selama sekitar 20 sampai 30 menit. Untuk pemula mungkin kesulitan saat mencoba bermeditasi dengan durasi waktu panjang itu pada awalnya. Tapi janganlah berputus asa. Hal itu akan semakin terasa lebih mudah begitu kita bermeditasi secara teratur.

Yoga
Yoga menggabungkan meditasi dan latihan fisik untuk mencapai peningkatan kesehatan dan rasa kesejahteraan. Yoga telah dipraktekkan di India selama lebih dari 5.000 tahun. Yoga melibatkan upaya mengulangi gerakan yang dapat membantu meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas serta meningkatkan kesehatan mental dan fisik dan pemahaman diri yang lebih besar.

Semoga artikel Rahasia Manajemen Stres dan Relaksasi ini bermanfaat untuk Anda.

Salam.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.