124 desa di Kebumen tanpa sekdes

Ditulis 04 Nov 2009 - 18:11 oleh Banyumas1

KEBUMEN – Sebanyak 124 desa di Kabupaten Kebumen tidak memiliki sekeretaris desa (sekdes). Kekosongan ini dikarenakan masa jabatan sekdes banyak yang habis. Sementara pengisian harus berasal dari Pegawai negeri Sipil (PNS), bukan diangkat melalui penunjukan.

Kasubid Peningkatan Kapasitas Pemerintahan Desa dan Kelurahan pada Bapermades Kabupaten Kebumen, Yuswadi SSos mengatakan, jumlah sekdes di Kebumen sebanyak 449 orang. Dari jumlah itu yang masuk dalam data base sebanyak 280 sekdes. Sementara yang sudah diangkat menjadi PNS sebanyak 168 orang. Sedangkan sisanya masih menunggu pengangkatan tahap berikutnya. “Pada formasi CPNS tahun 2009 ini, jumlah sekdes yang akan menerima SK PNS sebanyak 58 orang,” kata Yuswadi, Rabu (4/11).

Menurut Yuswadi, untuk sementara jabatan sekdes yang kosong diisi oleh perangkat desa yang ditunjuk. Untuk selanjutkan pengisian jabatan sekdes yang kosong ini akan diisi oleh PNS dari kabupaten atau kecamatan. Sedangkan syarat minimal yang harus dikuasi untuk mengisi jabatan sekdes bisa menguasai administrasi pemerintahan dan keuangan.

Syarat lain, katanya, PNS yang ditempatkan nantinya berasal dari desa setempat atau dari desa sekitarnya. Penempatan semacam itu dimaksud untuk mempermudahkan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. “Kalau nanti ada permasalah desa namun sekdes tidak ada ditempat malah repot,” katanya. (banyumasnews.com/tgr)

Tentang Penulis

Leave A Response