Musik penghilang stres paling top di youtube bisa ngobati jerawat? Dengar yuk…

musik relaksasi bantu hilangkan jerawat

Suatu ketika saya, Sista, diminta mencarikan musik relaksasi oleh seorang kawan yang mukanya penuh jerawat.  Lah, apa kaitan antara musik relaksasi dan jerawat? Dia lalu menjelaskan, ada banyak faktor penyebab tumbuh dan suburnya jerawat. Antara lain kondisi stres pada tubuh. Sementara stres sendiri sebenarnya bisa dikelola melalui perintah pada otak agar memproduksi gelombang alpha bagi terciptanya sensasi ketenangan.

Ketahuilah, begitu katanya, apabila kita mengalami stres dalam jangka waktu yang lama, kadar hormon kortisol akan meningkat. Padahal hormon ini bisa merusak kemampuan kulit dalam menahan air. Akibatnya, kulit kehilangan kelembaban dan menjadi kering. “Inilah salah satu penyebab langsung dari sekian penyebab timbul dan merebaknya jerawat pada muka dan kulit kita,” katanya nerocos seakan-akan saya ini jerawatan, padahal dianya malah yang penuh jerawat.

Stres, kata dia entah mengutip artikel di mana, juga menjadikan peredaran darah abnormal. Bisa berlebih, bisa pula kurang. Akibatnya, kulit terlihat pucat, kemerahan dan kering.

“Apa hubungannya musik relaksasi yang kamu minta dengan jerawat?” tanya saya nggak sabar.

Dia pun menjelaskan tentang artikel yang dia baca di majalah. Oalah…. Inti ceritanya, kita bisa mengurangi tingkat stres dengan cara menciptakan sensasi ketenangan, melalui stimuli otak dengan gelombang Alpha dari luar sehingga otak pun akan mampu memproduksi gelombang Alpha sendiri. Gelombang Alpha ini bisa kita masukkan melalui musik, yang selama ini disebut musik relaksasi.

Nah, karena permintaan teman itulah saya kemudian mencari-cari musik relaksasi di youtube. Saya mencarinya dengan kata kunci “relaxation music for stress relief and healing meditation“. Setelah saya memilih dua video yang memiliki relevansi tertinggi, kemudian saya download dan saya konversi ke format MP3, saya serahkan ke teman yang memesan musik relaksasi tadi.

Ya, ampun…. luar biasa. Ketika saya bertemu dia tiga bulan kemudian, wajahnya sudah mulus. Meski masih ada beberapa bekas jerawat, tetapi tidak ada terlihat jerawat baru. “Terima kasih ya,” kata dia sembari senyum-senyum .

“Memang benar musik yang saya kasih itu bisa menjadi alat relaksasi penghilang jerawat?” tanya saya penasaran.

“Ya, itu salah satu alat bantu meski saya juga tetap memperhatikan perawatan fisik luar dan tentu saja ini adalah kunci utamanya,” kata dia mantab.

Soal kunci perawatan lain yang dia lakukan, kita bahas nanti ya, yang jelas saya pengin memperdengarkan dua hasil konversi video dalam bentuk MP3 ini kepada Anda.

Musik 1:

[audio http://simomot.files.wordpress.com/2013/11/musik-relaksasi-comotan-simomot-dari-youtube-1.mp3]

Musik 2:

[audio http://simomot.files.wordpress.com/2013/11/musik-relaksasi-comotan-simomot-dari-youtube-2.mp3]

Kedua musik itu saya pilih karena menduduki tingkat relevansi tertinggi dalam pencarian dengan kata kunci yang saya pakai. Untuk melihat kedua video yang saya ambil musiknya (dan banyak bagian yang saya buang karena terlalu panjang jika saya konversi sepenuhnya), bisa dilihat di halaman ini.

Mohon maaf, saya tidak bisa sharing musik hasil konversi tersebut di web ini karena musik di dalamnya dilindungi hak cipta. Silakan Anda konversi sendiri video tersebut. Jika sobat benar-benar pengin mendapatkannya, maka sobat harus berjanji untuk tidak membagikan secara terbuka file itu, apalagi untuk tujuan komersial. Syaratnya, silakan “like” dulu fanspage Si Momot di https://www.facebook.com/RUMAHSIMOMOT. Setelah itu sampaikan permintaan melalui pesan masuk di akun Sista di facebook.

Benarkah jerawat menghilang karena musik itu?

Ya, meskipun tidak secara langsung. Sebab, sebagaimana kesaksian kawan saya, dia merasa fresh setiap kali selesai mendengarkan musik yang saya beri. Artinya, jika Anda berjerawatan misalnya, kemudian rajin mendengarkan musik ini khususnya pada pagi sebelum beraktivitas dan malam hari setelah selesai beraktvitas, niscaya Anda akan selalu bisa mengelola stres dengan baik. Otomatis juga akan mengurangi tingkat stres pada semua organ tubuh, tak terkecuali pada kulit.

Tentu saja, hal yang lebih perlu Anda perhadikan adalah merawat secara baik kulit tubuh dan wajah Anda. Memang benar, saat kita mengalami stres, tubuh kita akan mengeluarkan hormon kortisol yang dapat mengakibatkan perlambatan perbaikan struktur kulit serta menghambat pertumbuhan kolagen serta sel tubuh kita.

Ada beberapa indikasi yang bisa diamati pada kulit saat kita mengalami stres serta tips sederhana untuk mengatasinya, sebagaimana ditulis pada sebuah catatan di akun Dunia Cewe di facebook. com, sebagai berikut.

1. Kulit Kusam.

Hal ini merupakan akibat dari regenerasi kulit yang tidak optimal. Biasanya diperlukan perawatan yang lebih mendalam.

Tips :

  • Pilih sabun yang mengandung glicolic untuk mengangkat sel kulit mati
  • Perbanyak konsumsi suplemen kulit seperti vit E untuk memberinutrisi pada kulit
  • Kurangi konsumsi makanan cepat saji danperbanyak minum air putih
  • Biasakan diri memakai krim malam secara rutin
  • Segera perhatikan jam istirahat

2. Kulit kering.

Apabila kita mengalami stres dalam jangka waktu yang lama, kadar hormon kortisol yang bisa merusak kemampuan kulit untuk menahan air akan meningkat. Akibatnya, kulit akan kehilangan kelembabannya dan menjad ikering. Stres juga menyebabkan peredaran darah menjadi abnormal, kadang sedikit atau terlalu banyak, sehingga kulit terlihat pucat, kemerahan dan kering.

Tips :

  • Untuk perawatan wajah, pilihlah produk yang mengandung hypoalergenicdan ber-PH rendah.

3. Kulit berminyak berlebihan

Selain hormon kortisol, produksi hormon testoteran umumnya meningkat saat kita stres sehingga kulit akan memproduksi minyak secara berlebihan.

Tips :

  • Gunakan produk kecantikan yang tidak mengandung minyak
  • Sebaiknya jangan gunakan toner yang mengandung alkohol
  • Rutin membersihkan wajah dengan sabun khusus untuk kulit berminyak

4. Kulit Sensitif.

Lapisan kulit epidermis yang mengandung pelembab akan mengalami penghambatan seiring dengan menurunnya sistem kekebalan tubuh. Akibatnya, kulit menjadi rentan terhadap polusi, mudah alergi dan tidak tahan terhadap bahan kimia tertentu yang terkandung dalam produk-produk kosmetik.

Tips:

  • Gunakan produk kecantikan yang diformulasikan khusus untuk kulit sensitif yang mengandung aloe vera atau chamomile.

5. Kulit berjerawat.

Stres dapat meningkatkan peradangan yang menyebabkan folikel rambut pada kulit tersumbat dan menyebabkan jerawat. Produksi minyak berlebih pada kulit juga dapat menyumbat pori-pori dan membuatnya mudah terserang bakteri hingga menimbulkan jerawat.

Tips :

Pilih produk-produk perawatan wajah yang mengandung asam salsilat untuk membantu pengelupasan dan bonzoil peroksida untuk membunuh bakteri

  • Untuk pelembab, gunakan yang mengandung non-comedogenic untuk mencegah timbulnya komedo
  • Gunakan masker wajah yang bersifat mendinginkan kulit
  • Jangan melakukan scrubbing pada wajah
  • Oleskan obat jerawat secara teratur

6. Kerutan halus.

Hormon kortisol juga dapat menghambat produksi kolagen dan mengikat protein serat yang dibutuhkan kulit untuk membuatnya kenyal dan lembut. Hormon ini juga dapat meningkatkan kadar gula dalam darah yang bisa merusak kolagen dan elastin sehingga mempercepat timbulnya kerutan halus pada permukaan kulit. Stres yang menimbulkan ketegangan otot pada wajah juga bisa membuat kerut-kerut menetap.

Tips :

  • Gunakan krim wajah yang mengandung retinol dan antioksidan untuk memicu produksi kolagen.

7. Mata lelah.

Rasa cemas yang berlebih bisa membuat mata sulit terpejam di malam hari. Akibatnya, mata menjadi bengkak, terlihat lelah dan kuyu ketika kamu terbangun keesokan paginya. Kulit di sekitar mata kita juga bisa terkena imbasnya.

Tips :

  • Untuk mengurangi lingkaran hitam di bawah mata, kompres mata kamu dengan potongan mentimun atau kentang selama 10 menit.
  • Sementara, untuk memperlancar peredaran darah pada mata, kompres mata kamu dengan es batu dan usapkan di sekelilingnya

Selain mengatasi kulit stres dengan berbagai jenis produk perawatan kulit, terapkan juga pola hidup sehat dengan berolahraga secara teratur, tidur cukup dan mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan.

Semua usaha untuk menjauhkan kulit kita dari stres juga tidak akan berguna jika kita tidak menghindari diri dari segala macam bentuk stres yang menghinggapi pikiran. Oleh karena itu, luangkan juga waktu untuk relaksasi dengan mendengarkan musik atau menonton film yang seru bersama teman atau keluarga.

Pengin ikut mencoba? Silakan… semoga sukses.

Cek Juga Menu lengkap Gudang Suara Burung Simomot.Com di Dawah Ini:

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.