Polres Banjarnegara amankan satwa langka

BANJARNEGARA – Aparat kepolisian Banjarnegara mengamankan 14 satwa dilindungi jenis Kijang Muncak (Muntiacus muntjak) dari salah seorang warga bernama Muryono (55) penduduk Wanadadi, Banjarnegara. Muryono mengaku telah memelihara satwa itu sejak tahun 1991.
Sejak tahun itu Muryono memelihara hingga beranak mencapai 28 ekor. Beberapa diantaranya ada yang dijual, dan ada juga yang mati, hingga tersisa 14 ekor.
Kapolres Banjarnegara AKBP Nelson P Purba mengatakan, untuk menyelamatkan hewan dilindungi tersebut, saat ini pihaknya masih melakukan pengawasan ketat, dan berkoordinasi dengan BKSDA. Sementara pelaku sudah dimintai keterangan.
“Pelaku mengaku menangkar hewan tersebut karena hobi, sehingga rela menyediakan tempat khusus untuk pengembangan hewan itu. Namun, karena hewan itu dilindungi, maka kijang tersebut dirampas untuk negara,” kata Kapolres.
Kapolres menambahkan, pelaku dapat dijerat UU nomor 5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya. Pelaku bisa dikenakan ancaman hukuman penjara satu tahun dan denda Rp50 juta. (banyumasnews.com/tgr)

1 Comment

  1. Mungkin bisa sedikit berbagi. Kalo mau memelihara satwa dilindungi sebaiknya hubungi saja Balai KSDA setempat. Menurut PP 7 dan 8 Tahun 1999, satwa dilindungi dapat dimanfaatkan untuk penangkaran, jadi hobi tersalurkan, tp legal dan membantu upaya konservasi.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.