BEM se-Unsoed adakan aksi damai sambut Sumpah Pemuda

Ditulis 27 Okt 2009 - 23:29 oleh Sista BNC

Para peserta menyalakan lilin dalam aksi damai malam ini.

Para peserta menyalakan lilin dalam aksi damai malam ini.

PURWOKERTO – Didorong asumsi semangat kepemudaan telah tergerus oleh budaya pop sebagai akibat berkembangnya paham kapitalisme dan neoliberalisme, malam (27/10) tadi ditengah guyuran hujan, puluhan mahasiswa yang tergabung dalam aliansi BEM se-Unsoed mengadakan aksi damai di depan patung Jenderal Soedirman – Unsoed.

Aksi tersebut merupakan refleksi 81 tahun sumpah pemuda yang akan diperingati besok (28/10). Dalam orasinya para mahasiswa mencoba menyadarkan kembali akan peran penting yang seharusnya dimainkan oleh para pemuda, bukan hanya dulu ketika zaman penjajahan namun juga hingga saat ini.

“Peran vital pemuda harus selalu ditunjukkan dalam mengawal jalannya kehidupan bernegara, kita harus selalu menjadi oposisi pemerintah yang berkuasa karena kitalah kontrol yang sebenarnya” teriak Jatmono Ketua BEM FISIP Unsoed.

Wa’i humas aksi menuturkan kepada BanyumasNews.Com bahwa tujuan aksi ini adalah ingin kembali menggugah kesadaran dan semangat pemuda untuk ikut serta dalam proses pembangunan bangsa. Jangan sampai para pemuda Indonesia cuma bisa diam dan berpangku tangan saat pemuda – pemuda bangsa lainnya berlari menyongsong keberhasilan. Lewat aksi ini para mahasiswa merefleksikan diri bersama untuk bertekad memberantas budaya korupsi, mengukuhkan jati diri bangsa guna menghindari segala bentuk penjajahan, membangun kekuatan ekonomi guna kesejahteraan rakyat Indonesia, serta menjaga kedaulatan NKRI.

Para peserta aksi damai menggunakan baju batik sebagai bentuk tanda dan ungkapan cinta mereka terhadap bangsa Indonesia. Selain berorasi para mahasiswa juga membacakan puisi-puisi perlawanan dan menyalakan lilin di jalan sebagai tanda bahwa aksi tersebut adalah aksi damai. Aksi baru berakhir sekitar pukul 21.00 WIB. (BanyumasNews.Com/CBS)

Tentang Penulis

Leave A Response