Sidang PLTU Bunton,16 bidang tanah adalah milik negara

Ditulis 26 Okt 2009 - 20:19 oleh Banyumas1

CILACAP-Sidang lanjutan kasus Bunton, dengan terdakwa mantan Camat Adipala , Pujo Prasetyo dan Sekdes Bunton Sudaryanto, kemarin masih seputar keterangan dari saksi ahli.

Kali ini saksi ahli yang di hadirkan oleh Jaksa Penutut Umum atau JPU, adalah Edy Siswo Hartoyo, dari BPKP Jawa Tengah.

Dari keterangan saksi ahli yang sudah mengaudit 16 tanah asenering tersebut, ditarik asumsi bahwa tanah tersebut memang milik Negara.

Menurut Edy, asumsi itu berdasar pada data-data yang disodorkan JPU, dan bukti bahwa ada tarikan retribusi kepada 16 petani penggarap, yang uangnya masuk ke dalam kas daerah.Namun, Kuasa Hukum kedua terdakwa, tidak setuju dengan asumsi dari saksi ahli.
Karena data dari JPU tidak disertai dengan bukti bahwa Dinas Pengairan, yang disinyalir sebagai pemilik tanah, tidak mengakui tanah itu adalah assetnya.

Begitu juga Pemkab Cilacap, tidak mengakui tanah tersebut merupakan asset Kabupaten Cilacap, meski ada SK Bupati yang menyatakan tanah tersebut adalah tanah milik Pemkab Cilacap.Tarik menarik pernyataan ini sempat membuat jalannya sidang, kembali memanas.

JPU yang dipimpin oleh Andi Permana, tidak terima dengan pertanyaan kuasa hukum terdakwa, yang memojokan saksi, dan menanyakan hal yang diluar kewenangan saksi sebagai seorang auditor (banyumasnews.com/gir)

Tentang Penulis

Leave A Response