Pedagang Pasar Manis minta gratis

Ditulis 24 Okt 2009 - 18:33 oleh Banyumas1

PURWOKERTO – Para pedagang Pasar Manis Purwokerto, khusunya mereka yang berjualan di luar menuturkan bahwa mereka semua siap untuk dipindah dan ditata setelah proses pembangunan pasar tersebut rampung. Hanya saja mereka mengkhawatirkan tidak akan mampu membayar sewa los. Mereka berharap pemerintah bisa menggratiskan los – los tersebut sehingga tidak ada beban ketika mereka berjualan.

“Karena kita pedagang kecil dan dagangannya sedikit kami minta kebijaksanaan pemerintah untuk bisa menggratiskan los – los tersebut” ungkap Rusmiati (38) salah seorang pedagang sayuran yang kini berjualan di kompleks gedung kesenian Soetedja kepada BanyumasNews.Com (BNC) Sabtu (24/10) tadi.

Hal senada juga diungkapkan Tini (43) pedagang kue kamir, Ia menuturkan bahwa dirinya siap mengikuti keinginan pemerintah yang akan memindahkannya ke dalam pasar namun Ia tidak akan sanggup bila harus membayar sewa los – los yang dibangun pemerintah tersebut.

Ketika dikonfirmasi, Tony Simamora Kabid Pasar dan PKL Disperindagkop Kabupaten Banyumas menuturkan bahwa rencana awal los – los tersebut akan digratiskan. Para pedagang akan ditata oleh Pemkab, mereka akan menempati los – los yang telah disediakan. Mereka hanya diwajibkan membayar retribusi harian untuk biaya kebersihan dan keamanan. Namun itu hanya berlaku untuk los, sedangkan untuk kios dan ruko tetap akan dipungut bayaran sewa yang besarannya belum ditetapkan.

“Los akan digratiskan, konsekuensi itu semua adalah milik pemerintah. Kita menyediakan fasilitas untuk digunakan oleh mereka para pedagang, jika tidak digunakan akan kembali lagi ke pemerintah. Mereka semua akan ditata sesuai jenis dan volume barang dagangannya.” Kata Tony kepada BanyumasNews.Com

Seperti yang diinformasikan bahwa pasar Manis yang tadinya hanya seluas 2550 M2 dan hanya mampu menampung sekitar 400 pedagang akan diperluas menjadi 5567 M2. Dana sebesar Rp.10 Milyar telah dipersiapkan Pemerintah Kabupaten Banyumas untuk proyek pembangunan Pasar Manis tersebut(banyumasnews.com/cit)

Tentang Penulis

Leave A Response