Til Thol Til’, kawin siri Syech Puji

Ditulis 24 Okt 2009 - 18:27 oleh Banyumas1

album syech puji

TEMANGGUNG – Terinspirasi dari pernikahan siri Pujiono Cahyo Widianto alias Syech Puji dengan bocah dibawah umur Lutfiana Ulfa (13), seorang seniman lagu-lagu Jawa asal temanggung (Jateng), Robarwarto, menggugahnya dalam sebuah lagu pop Jawa. Lagu tersebut diberi nama ‘Til Thol Til’ (Nekad Kawin Siri).

Inspirasi lagu ‘Til Thol Til’, datang ketika Robarwarto menyaksikan tokoh Syech Puji. Robarwarto menilai sosok Syekh Puji sebagai sosok yang teruji menghadapi kehidupan. Dari masa, seorang Pujiono yang miskin, sering dihina, kemudian berusaha bekerja keras, lalu kaya raya. Kemudian gara-gara hanya karena kawin siri, dia dipenjara. “Kisah hidup ini begitu menginspirasi saya untuk menciptkan lagu bertema kawin siri,” kata Robarwarto.

Lagu pop Jawa tersebut juga digarap dalam bentuk video klip dengan tempat syuting di penjara sungguhan dan dua lokasi lain di Ngadirejo dan Monumen Meteorit di Temanggung. Semua pemeran video klip ini dimainkan oleh seorang syek gadungan, Vivin Devina, Dwi Angga, tujuh orang penari latar, empat orang body guard, grup OM Kuntum Mekar, karyawan LP dan para narapidana.

Untuk penggarapan suara dilakukan di studio dengan pengisi musik dan vokal, antara lain Wanto (organ), Waryadi Kalingga (bass), Rio (kendang), Ndolin (seruling), joko (guitar), Irwanto (mandolin), Suyoko (piano) serta didukung penyanyi berpotensi dan cantik Vivin Devina. Dengan album yang cukup menarik ini, Robarwarto berharap ada investor atau produser yang mau mengorbitkan album ini.

Berikut cuplikan syair lagu Til Thol Til:
Til Thol Til, patil nyantol patil
Mbiyen urip ijen, katone plonga-plongo
Til Thol Til, patil nyantol patil
Mbiyen turu ijen, saiki bojone loro
Gukmun aku gumun Mas, wong kog nggumunake
Mbiyen tansah diece, saiki dadi wong gede
Kalen yo Kalen Dik, Kali tetep Kali
Mbiyen yo mbiyen, saiki ya saiki
Gemes aku gemes, wong kog nggemesake
Ora tau sambat, banjur opo resepe?
Ngombe jamu Jawa Dik, madu tambah telur
Awak tetep
rosa, maju pantang mundur
Lha opo sebabe Mas?
Ya kuwat lan kenceng
Sing kuwat apane Mas?
Sing kuwat imane
La sing kenceng iku Mas?
Sing kenceng niate
Nekad kawin siri Mas?
Ya siap masuk bui
Til Thol Til….

Tentang Penulis

Leave A Response