2010 Banyumas terbitkan Jamkesda

PURWOKERTO – Guna meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat Banyumas, Pemkab Banyumas lewat Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas pada tahun 2010 mendatang akan menerbitkan kartu Jamkesda (Jaminan Kesehatan Daerah). Kartu tersebut diterbitkan sebagai pelengkap pelayanan kesehatan lainnya seperti Askes dan Jamkesmas. Menurut dr. Widayanto Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas, Jamkesda akan dimiliki oleh setiap warga Banyumas tidak terkecuali.

“Ini merupakan upaya perwujudan amanah UU, dimana setiap warga negara berhak mendapatkan pelayanan kesehatan semaksimal mungkin” ungkap Widayanto kepada BanyumasNews.Com (BNC) Jumat (23/10).

Jamkesda menurut Widayanto adalah semacam asuransi kesehatan masyarakat, dimana setiap pesertanya setiap bulan diwajibkan membayar premi yang besarannya bervariasi antara Rp.7000,- hingga Rp. 12.500,-. Namun menurut Widayanto besaran iuran tersebut belum pasti karena masih akan dibicarakan lagi. Mengenai pembiayaan Jamkesda akan dibagi dua antara Propinsi dan Kabupaten yakni 60% – 40%. Penerbitan kartu Jamkesda ini tinggal menunggu keputusan dari Provinsi, begitu disetujui maka langsung akan diperdakan (banyumasnews.com/cit).

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.