2012 Bahasa Inggris jadi pelajaran wajib SD

Ditulis 20 Okt 2009 - 06:20 oleh Banyumas1

PURWOKERTO – Pemerintah Kabupaten Banyumas mewacanakan akan menjadikan Bahasa Inggris sebagai mata pelajaran wajib non ujian nasional di sekolah dasar mulai tahun 2012 mendatang. Hal tersebut diungkapkan Srie Yono,Msi Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas kepada BanyumasNews.Com (BNC) Selasa (20/10). Srie Yono menuturkan bahwa Pemkab Banyumas tinggal menunggu keputusan dari pusat yakni lewat Badan Standarisasi Pendidikan Nasional ikhwal jadi tidaknya rencana tersebut.

“Begitu pusat menyetujui, maka kita langsung jalankan rencana itu tentunya dengan serangkaian persiapan diantaranya mempersiapkan sumber daya manusianya” tutur Srie Yono.

Srie Yono membenarkan bahwa kemungkinan besar akan membutuhkan banyak tenaga pengajar untuk mata pelajaran Bahasa Inggris. Namun itu semua akan dikembalikan ke badan kepegawaian daerah karena akan di sesuaikan dengan kemampuan anggaran daerah. Pemkab berharap dengan menjadikan Bahasa Inggris sebagai mata pelajaran wajib di tingkatan sekolah dasar dapat membuat peserta didik mengerti lebih awal tentang bahasa internasional tersebut.

Sekolah juga mampu bersaing di era globalisasi seperti saat ini karena sudah menjadi rahasia umum jika di era globalisasi seperti sekarang ini Bahasa Inggris merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh setiap individu. Saat ini dari sekitar 825 buah jumlah sekolah dasar di Kabupaten Banyumas baru sekitar 25% yang memasukkan Bahasa Inggris sebagai mata pelajaran itupun baru sekedar muatan lokal (banyumasnews.com/cit)

Tentang Penulis

& Komentar so far. Feel free to join this conversation.

  1. vika 26/03/2010 pukul 17:05 -

    Bagaimana kelanjutan berita tentang rencana bahasa inggris akan dijadikan pelajaran wajib SD di banyumas ? Mohon tanggapan dari pihak yang berkompeten. Terimakasih

  2. Uci 20/10/2009 pukul 06:32 -

    Pak Mardjoko pelit banget sama informasi, masa sampai hari ini tidak ada pengumuman soal CPNS kalah sama kabupaten lain

  3. Uci 20/10/2009 pukul 06:26 -

    Waduh lama sakelai nunggunya kalau begini, di Indonesia banyak yang mau jadi guru b. Inggris

Leave A Response