SMA Negeri Banyumas jadi RSBI

Ditulis 19 Okt 2009 - 19:27 oleh Banyumas1

BANYUMAS – Jumlah sekolah SMA Rintisan Sekolah Berstandar Nasional (RSBI) di Banyumas kini bertambah 1. Setelah SMA N 1 Purwokerto, SMA N 2 Purwokerto dan SMA N Ajibarang kini giliran SMA N Banyumas yang ditetapkan menjadi sekolah RSBI. Predikat ini dikukuhkan dengan Surat Keputusan Direktur Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktur Pembinaan SMA, Nomor: 1175/C/C4/LL/2009 tanggal 13 Mei 2009.

Saat ini sedang dipersiapkan berbagai hal, baik fisik yaitu sarana prasarana, maupun non fisik berupa Sumber Daya Manusia untuk mendukung terlaksananya program tersebut. Acara Pembukaan sebagai Sekolah Bertaraf Internasional dilakukan langsung oleh Bupati Banyumas, Drs. H. Mardjoko MM .Senin (19/10) di Gedung Serba Guna SMA Negeri Banyumas.

Acara pembukaan berlangsung cukup menarik karena diantarkan oleh MC menggunakan Bahasa Inggris diisi juga dengan penayangan sekilas profil SMA Negeri Banyumas, dan dimeriahkan dengan penampilan siswa-siswi SMA Negeri Banyumas dan mahasiswa PPL dan KKN dari Universitas Muhammadiyah Purwokerto pada sesi hiburan. Serangkaian proses panjang dilalui SMA N Banyumas untuk bisa mendapatkan predikat RSBI. Adapun syaratnya meliputi  aspek-aspak Akreditasi, Kurikulum, Proses Pembelajaran, Penilaian, Pendidik, Tenaga Kependidikan, Sarana Prasarana, Pengelolaan dan Pembiayaan.

Bupati Banyumas Drs. H. Mardjoko MM dalam sambutannya menuturkan agar predikat RSBI ini jangan sampai hanya sekedar selogan. Proses belajar mengajar di sekolah ini harus terus menekankan pada pengembangan daya kreasi, inovasi, dan eksperimentasi untuk memacu ide – ide baru yang belum pernah ada sebelumnya. Standar intersnasional yang dituntut dalam SBI menurut Mardjoko adalah standar kompetensi, lulusan, kurikulum, proses belajar mengajar, SDM, fasilitas, pembiayaan, dan penilaian standar internasional.

SMA Negeri Banyumas yang berdiri sejak tahun 1973, dibangun di atas sebidang tanah seluas 33.500 m2, dan sampai saat ini telah dipimpin oleh 10 Kepala Sekolah. Sekolah ini berlokasi di Jalan Pramuka No. 13, Sudagaran Banyumas yang merupakan titik pertemuan antara kota-kota Kabupaten seperti Cilacap, Banjarnegara, Purbalingga dan Purwokerto. Pada Tahun Pelajaran 2009/2010 ini, SMA Negeri Banyumas mengalokasikan daya tampung siswa baru sebanyak 8 kelas dengan kapasitas 36 siswa per kelasnya (banyumasnews.com/cit).

Tentang Penulis

1 Komentar so far. Feel free to join this conversation.

  1. bayu 06/01/2010 pukul 14:03 -

    saya alumni SMA banyumas
    saya ga tahu apa mesti bangga ato malah manyun mendengar kabar ini
    asalkan nantinya SMA banyumas masih bisa menerima orang2 yang tidak mampu, maka saya bisa bangga
    tapi klo RSBI hanyalah memarginalkan warga banyumas sendiri, entahlah…

Leave A Response