LSM tuntut Kabulog dicopot

Ditulis 19 Okt 2009 - 19:23 oleh Banyumas1

PURWOKERTO – LSM Jaring Pemantau Rakyat Miskin Senin (19/10) pagi mendatangi gedung DPRD Kabupaten Banyumas. Mereka meminta Kepala Bulog Divisi Regional IV untuk segera dicopot dari jabatannya terkait buruknya mutu raskin yang dibagikan beberapa waktu lalu kesejumlah rumah tangga miskin di beberapa kecamatan di Kabupaten Banyumas.

Bulog sebagai badan yang ditugaskan mendistribusikan raskin dianggap telah menyalahi Inpres No. 8 Tahun 2008 tentang perberasan nasional dimana didalam aturan tersebut mengatur tentang kriteria beras untuk rakyat miskin seperti ketentuan seberapa banyak gabahnya, ada tidak batu atau kutunya dan lain sebagainya. Ketua LSM Jaring Pemantau Rakyat Miskin LPAS Widyaningrum, SH menuturkan bahwa dirinya banyak menerima aduan dari warga miskin ikhwal jeleknya mutu raskin yang mereka dapat.

“Banyak warga miskin yang mengadu kesaya, ayam saja tidak doyan, apalagi manusia pokoknya Kabulog harus segera dicopot dan diproses, kasihan rakyat miskin kaya dipermainkan saja dikasih beras tidak layak konsumsi” tutur LPAS Widyaningrum, SH kepada BanyumasNews.Com disela – sela acara sidang paripurna DPRD.

Jatah raskin untuk seluruh rumah tangga miskin di Kabupaten Banyumas berjumlah 7000 ton, 600 ton diantaranya menurut LPAS tidak layak konsumsi. Beras berwarna kuning dan kusam serta rasanya pun tidak enak. Tercatat 3 Kecamatan yang menerima beras tidak layak konsumsi tersebut yaitu Kecamatan Lumbir, Ajibarang, dan Wangon.

LPAS mengungkapkan rumah tangga miskin yang menerima beras tersebut tidak berani melaporkan karena mereka takut tidak akan menerima jatah beras lagi pada waktu pembagian raskin berikutnya. LPAS mengatakan ada indikasi jika para perangkat desa bekerja sama dengan Bulog, karena kejadian ini bukan untuk yang pertama kalinya terjadi. LPAS mengatakan bahwa kasus ini harus diusut tuntas agar tidak terulang kembali di waktu yang akan datang maka dari itu LPAS meminta agar eksekutif dan legislatif serta pihak kepolisian mengadakan investigasi ke lapangan secepatnya (banyumasnews.com/cit).

Tentang Penulis

1 Komentar so far. Feel free to join this conversation.

  1. sarjono 21/01/2013 pukul 09:04 -

    1 komen saya @ pak bupati banyumas ,bpk .marjoko. tolong jalan yang dari klapagading wangon menuju ke desa gerduren /glempang diperhatikan ,& mau sampe kapan di tindak lanjuti gang itu sudah terlalu parah…dan belum juga di aspal..txs

Leave A Response