SMPN 1 Purbalingga gelar English Ecolearning Tracking

Ditulis 18 Okt 2009 - 20:06 oleh Banyumas1
Para siswa menyemai benih wortel (foto:tgr/BNC)

Para siswa menyemai benih wortel (foto:tgr/BNC)

Belajar memanen buah kobis (foto:tgr/BNC)

Belajar memanen buah kobis (foto:tgr/BNC)

PURBALINGGA – Sebanyak 118 siswa-siswi Program Sekolah Berstandar Internasional (SBI) SMP Negeri 1 Purbalingga, Minggu (18/10) mengikuti kegiatan English Ecolearning Tracking (EET). Kegiatan yang dibimbing 14 orang guru tersebut berlangsung di kawasan kebun hortikultura Desa Serang, Kecamatan Karangreja, Purbalingga. Karena program SBI, selama kegiatan siswa berkomunikasi menggunakan Bahasa Inggris.

Guru pembimbing kegiatan Yohana Kristianti, S.Si kepada Banyumasnews.com mengungkapkan, kegiatan EET dimaksudkan untuk membekali siswa khususnya program SBI mengenal tentang budidaya pertanian khususnya tanaman hortikultura sayuran dan buah. Selain budidaya pertanian, siswa juga diajak melakukan praktek memerah sapi perah di kandang petani.

“Kegiatan ini sengaja kami adakan di Desa Serang, karena kami nilai Desa Serang memiliki potensi agrowisata yang sangat prospektif untuk dikembangkan. Gampangnya, selain memberikan bekal siswa, kami ingin juga mempromosikan wisata agro Serang,” kata Yohana.

Selama dalam kegiatan, lanjut Yohana, siswa diajari cara mulai dari menyemai benih tanaman, menyiangi gulma (rumput pengganggu), melakukan panen wortel, kobis, tomat dan labu. Siswa juga diajari cara memerah susu sapi perah. “Para siswa rupanya sangat menikmati kegiatan itu. Mereka selain mendapat bekal ilmu, ketrampilan dan juga bisa refresing,” kata Yohana (banyumasnews.com/tgr)

Tentang Penulis

Leave A Response