Simulasi gempa di SD dan SMP Al-Azhar

CILACAP-Untuk menanggulangi kepanikan akibat gempa, terutama dengan isu-isu yang terjadi belakangan ini, TNI Cilacap Sabtu (17/10) mengadakan simulasi gempa.

Menurut Kepala Markas TNI cabang Cilacap, Harsono, simulasi yang dilakukan di SD dan SMP Al-Azhar ini, bertujuan agar anak-anak usia dini dapat menyelamatkan diri, sewaktu ada gempa yang melanda.Kegiatan ini merupakan yang ke tujuh kalinya, setelah sebelumnya dlakukan di beberapa sekolah di kabupaten Cilacap.

Hanya saja untuk di SD dan SMP Al-Azhar, simulasi dilakukan dengan lebih mendetail dan lengkap, karena di hadiri juga oleh anggota Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Cilacap.

Dalam simulasi tersebut, informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG Cilacap, langsung di kirimkan ke Kepala Sekolah dan diteruskan ke bagian kesiswaan. Bagian kesiswaan kemudian langsung membunyikan sirine sebagai tanda, setelah mendengar sirine, sekitar 500 murid SD dan SMP Al-Azhar segera berlari ke halaman sekolah.

Setelah setengah jam, dan gempa tersebut tidak menimbulkan tsunami, mereka segera berpindah ke tempat yang lebih aman di sekitar komplek Al-Azhar (banyumasnews.com/gir)

1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.