KPU buka pendaftaran PPK dan Panwaslu

PURBALINGGA – KPU Purbalingga, Jum’at (16/10) mengumumkan pembukaan tentang pendaftaran Panitia Pemilihan Kecamatanm (PPK) dan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten. ”Setelah PPK terbentuk, kami akan seggera melakukan pembentukan panitia di tingkat desa/kelurahan yaitu PPS dan pembentukan panitia pemutakhiran data pemilih (PPDP),” kata Heri Sulistiyono disela-sela acara penyerahan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) dari Pemkab Purbalingga, Kamis (15/10).

Heri mengatakan, pada pemilu bupati dan waki bupati ini, tidak ada sekretaris PPS. Hal ini akan diantiipai dengan peningkatan kerja di sekretariat PPK di Kecamatan. “Sekretaris PPK di Kecamatan akan bekerja ekstra untuk melayani PPS khususnya dalam pengadministrasian SPJ dan pencairan dana operasional,” katanya.

Heri menambahkan, selain pembentukan PPK, KPU Purbalingga juga akan melaksanakan pembentukan Panwaslu kabupaten. Pengumuman pendaftaran Panwaslu akan dilaksanakan pada Jum’at  (16/10). “Seleksi panwas pemilu bupati dan wakil bupati ini agak ketat. Peserta pendaftaran minimal harus S1 dan berusia minimal 35 tahun,” kata Heri.

Sementara itu Komisi Pemilihan Umum (KPU) Purbalingga mulai mensosialisasikan tahapan, program dan jadwal waktu pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2010.  Kegiatan itu dihadiri oleh seluruh jajaran kepala desa (kades) serta camat itu  digelar di Pendopo Dipokusumo Kompleks Pemkab, Kamis (15/10).

Ketua KPU Purbalingga, Heri Sulistyono ST dalam acara itu mengatakan Pilkada dijadwalkan 18 April 2010 itu, diperkirakan akan menggunakan anggaran APBD sebesar Rp 15,6 miliar  penyelenggaraan dua putaran. Tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Purbalingga dibagi menjadi empat tahap. Mulai pembentukan panitia pengawas, panitia pemungutan suara, pendaftaran calon serta pelaksanaan pemungutan suara.

“Pelaksanaan pengajuan calon bupati dan wakil bupati, berlangsung melalui dua pintu. Yakni pengajuan parpol bisa dilakukan lewat partai politik dan bisa pula lewat pintu calon independen. Sesuai jadwal pedaftaran pasangan calon dibuka mulai 26 Februari 2010,” paparnya.

Pihaknaya  akan memulai pembentukan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Kelompok Petugas Pemungutan Suara (KPPS) di 18 kecamatan serta 239 kelurahan dan desa pada 16 Oktober 2009 atau paling lambat enam bulan sebelum pemungutan suara.

Dalam kesempatan itu Pemkab melalui Wabup Heru Sudjatmoko menyerahkan daftar penduduk potensial pemilih pemilu (DP4) yang berjumlah 700.288 orang kepada Ketua KPU Purbalingga. Jumlah penduduk Kabupaten Purbalingga sebanyak 926.404 orang.  Menurut wabup, data jumlah pemilih itu harus diperbaiki sehingga warga yang memiliki hak pilih bisa tercantum namanya.

“Kami telah berupaya  secara maksimal untuk menyerahkan DP4 yang valid dan akurat. Namun perlu disadari bersama bahwa DP4 bukan daftar pemilih, melainkan daftar penduduk potensial pemilih. Sehingga masih memerlukan proses  verifikasi dan validasi lebih lanjut,” ujar wabup.

Hal ini menurutnya perlu dilakukan untuk memastikan agar penduduk yang mempunyai hak pilih bisa tercantum dalam daftar pemilih sementara ataupun daftar pemilih tetap. Dengan adanya kepastian bahwa seluruh pemilih dapat menggunakan hak pilihnya, maka penyelenggaraan  Pilkada  tentu bisa terpelihara kualitasnya. “Selain itu juga kuantitas kepesertaannya,” tambahnya.

Heru mengakui, saat ini dirinya memang sudah bersiap maju kembali sebagai cabup pada Pilkada 2010. Meski demikian dia mengaku belum menetapkan siapa bakal calon wakilnya. Namun untuk menentukan wakil, pihaknya berharap masyarakat mempercayai siapapun pasangannya perlu didukung.

logo-kpu4“Komunikasi intens pada pimpinan sembilan parpol, termasuk anggota di DPRD sedang terus dilakukan. Begitu pula komunikasi dan sosialisasi pada masyarakat, karena saat ini saja sudah sekitar 130.000 warga yang menyatakan dukungan tertulis menghendaki saya maju lagi,” kata Heru (banyumasnews.com/tgr)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.