Pilkada Purbalingga, PDIP pastikan calonkan HS

Ditulis 16 Okt 2009 - 08:22 oleh Banyumas1

wabup heru sujtmiko2

PURBALINGGA – Meski belum melalui mekanisme internal partai untuk menjaring bakal calon bupati-wakil bupati Purbalingga periode 2010 – 2015, PDI Perjuangan memastikan akan mengusung wakil bupati Drs Heru Sudjatmoko MSi (HS) sebagai bakal calon bupati. Pertimbangan PDIP karena secara historis, HS sejak 2005 direkomendasi DPP PDIP sebagai cawabup berpasangan dengan Drs Triyono Budi Sasongko MSi sebagai cabup PDIP 2005-2010.

Ketua DPC PDIP Purbalingga H Tasdi SH MM, mengatakan secara historis PDIP sejak era reformasi 1999, merupakan partai yang sudah berpengalaman dalam mengusung calon bupati dan calon wakil bupati. Terbukti PDIP sudah membuat pasangan bupati-wakil bupati Purbalingga selama dua masa jabatan.

“Masa jabatan pertama tahun 2000-2005, dan masa jabatan kedua 2005-2010, termasuk pak Heru di dalamnya. Artinya pak Heru juga termasuk bagian dari sejarah PDIP. Karena 2005-2010 pak Heru berpasangan dengan pak Triyono, direkomendasi DPP PDIP sebagai wakil bupati dan bupati dari PDIP,” ujar Tasdi, Kamis (15/10).

Karena itu, lanjut Tasdi, PDIP tidak perlu tergesa-gesa, dan tidak perlu sibuk sana-sini. Karena PDIP sudah punya konsep, mekanisme dan prosedur secara internal partai. Heru sudah dipastikan sebagai calon bupatinya. Karena itu tidak ada istilah PDIP ketinggalan dengan partai-partai berkaitan pilkada 2010.

“Tidak benar, kalau PDIP itu ketinggalan kereta, santai, tertidur dan sebagainya. Tapi sebenarnya kita sudah riil, sudah punya konsep sendiri yang harus kita taati. Step by step, nanti pada saatnya akan bertemu. Bagaimana delapan parpol yang sudah berkoalisi,  ibarat kita menuju titik temu di pertigaan atau di perempatan. Nanti akan ketemu di sana,” ujar Tasdi.

Tasdi menegaskan, pemilu 2009 PDIP masih memegang kemenangan. Terbukti  meraih suara terbesar di Purbalingga. Artinya sebagai salah satu partai dari 28 parpol yang ada di Purbalingga, atau dari 9 parpol yang meraih kursi dewan. PDIP merupakan salah satu partai yang memenuhi syarat mencalonkan sendiri sebagai bupati/wabup Purbalingga 2010-2015.

“Buktinya 2005-2010 lalu, PDIP juga menggalang koalisi dengan hampir semua partai. Pada 2010-2015, kita ingin semua partai memahami tentang itu. Yakni kalau semua partai menyatu untuk mendukung pak Heru, itu bukan sebuah hal yang kurang demokratis,” katanya (banyumasnews.com/tgr)

Tentang Penulis

Leave A Response