Karyawan Pemkab Purbalingga peringati Hari Cuci Tangan Sedunia

Ditulis 15 Okt 2009 - 18:41 oleh Banyumas1
Peringati hari cuci tangan sedunia (foto:tgr/BNC)

Karyawan Pemkab Purbalingga peringati hari cuci tangan sedunia (foto:tgr/BNC)

PURBALINGGA – Ratusan karyawan-karyawati Pemkab Purbalingga, Kamis (15/10) memperingati hari cuci tangan pakai sabun sedunia di kompleks kantor Setda. Para karyawan melakukan cuci tangan secara serempak mulai pukul 10.00 dan dipimpin langsung Sekda Drs H Subeno, MM.

Subeno mengatakan, kegiatan cuci tangan ini melibatkan lebih dari 300 karyawan dan pejabat di jajaran Pemkab, seperti asisten, kepala bagian, camat, Kasubag di jajaran Setda dan karyawan-karyawati. Tim penggerak PKK Kabupaten yang dipimpin istri Bupati Ny Ina Triyono BS juga melakukan hal yang sama di kompleks gedung PKK. Cuci tangan dilakukan pada sebuah paralon memanjang yang diberi lubang. Disiapkan pula sabun pembersih dan kain lap.

“Kami harap kampanye ini akan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya cuci tangan pakai sabun, dan yang paling penting adalah bagaimana kita menciptakan perubahan perilaku positif dalam keluarga dan masyarakat luas,” kata Subeno.

Subeno menjelaskan, hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia adalah sebuah kampanye global yang dicanangkan oleh Perserikatan bangsa-Bangsa bekerjasama dengan organisasi-organisasi lainnya baik pihak pemerintah maupun swasta untuk menggalakkan perilaku mencuci tangan dengan sabun oleh masyarakat sebagai upaya untuk menurunkan tingkat kematian balita dan pencegahan terhadap penyakit yang dapat berdampak pada penurunan kualitas hidup manusia.

“Kegiatan yang kami lakukan mengacu pada pengumuman penunjukkan Hari Mencuci Tangan Dengan Sabun Sedunia pada 15 Oktober yang dicanangkan pada Pertemuan Tahunan Air Sedunia (Annual World Water Week) tahun 2008 lalu dan seiring dengan penunjukkan tahun 2008 sebagai Tahun Internasional Sanitasi oleh Rapat Umum PBB,” kata Subeno (banyumasnews.com/tgr)

Tentang Penulis

Leave A Response