Sidang lanjutan PLTU Bunton berlangsung alot

Ditulis 14 Okt 2009 - 21:04 oleh Banyumas1
|
Berita Kategori
Tak Berkategori
40
Dalam Tag

CILACAP-Sidang lanjutan kasus dugaan korupsi pengadaan lahan PLTU Bunton dengan terdakwa mantan camat Adipala , Pujo Prasetyo Rabu  (14/10) siang berlangsung cukup alot. Sekdes Bunton, Sudaryanto yang juga terdakwa dalam kasus ini berperan sebagai saksi bagi Pujo.

Akibat keterangan yang berbelit-belit dan lebih banyak mengaku tidak tahu, membuat majelis hakim terpancing emosinya, dan berkali-kali memperingatkan saksi untuk tidak berbohong. Beberapa keterangan saksi yang memancing emosi hakim antara lain, pengakuan tidak tahu Sudaryanto terkait pembagian uang ganti rugi bagi 16 petani penggarap lahan sengketa itu.

Ketua Majelis Hakim, Manahan Sitompul mempertanyakan keterangan para petani yang hanya menerima uang ganti rugi sebanyak 25 %, dan sisanya dibayar lewat rekening, Sudaryanto menjawab tidak tahu menahu soal itu. Seringnya Sudaryanto menjawab tidak tahu membuat hakim Anggota – Irfanudin berkali-kali mengingatkan Sudaryanto untuk tidak bersilat lidah.

Irfanudin menegaskan, semakin sering Sudaryanto mengarang cerita, semakin sering pula hakim mengejarnya. Irfanudin mengingatkan Sudaryanto ancaman memberikan keterangan palsu, setidaknya kurungan 7 .Namun lagi-lagi, Sudaryanto tetap mengaku tidak tahu menanggapi pertanyaan para hakim.

Antara lain tentang pertemuan para petani penggarap di Baturadden.Purwokerto. Para saksi menyebut Sudaryanto yang menggagas ide pertemuan itu di Baturraden, namun Sudaryanto secara tegas membantahnya. Bahkan menurutnya, dirinya yang diajak warga ke Purwokerto.

Selain itu, pengumpulan fotokopi KTP para petani penggarap untuk kepentingan ganti rugi tanah, Sudaryanto juga mengaku tidak mengetahuinya.

Beberapa kali Jaksa Penuntut Umum mengajukan catatan pemeriksaan Sudaryanto ke majelis hakim sebagai bukti pernyataan kesaksian Sudaryanto, namun Sudaryanto membantah keterangan yang disampaikan dalam pemeriksaan oleh penyidik kejaksaan (banyumasnews.com/gir)

Tentang Penulis

Leave A Response