Kali kotor, warga Purwokerto was – was banjir

Ditulis 14 Okt 2009 - 19:22 oleh Banyumas1

PURWOKERTO – Memasuki musim penghujan sejumlah warga masyarakat yang tinggal di bantaran Kali Bener mengkhawatirkan meluapnya kali tersebut. Mereka mengeluhkan sikap Pemkab yang dinilai kurang tanggap terhadap keadaan kali yang semangkin dangkal oleh banyaknya tumpukan sampah dan tanah. Keadaan tersebut menurut masyarakat masih saja dibiarkan oleh Pemkab padahal hujan telah mengguyur wilayah Purwokerto sejak dua minggu terakhir.

Karseno (34) salah seorang warga menuturkan kepada BanyumasNews.Com (BNC) Rabu (14/10) bahwa seharusnya Pemkab lewat dinas terkait sudah melakukan pengerukan kali tersebut jauh – jauh hari sebelum musim hujan, jangan sampai sudah terjadi baru dikeruk dan dibersihkan.“Kali Bener kotor banget dipenuhi sampah dan juga tanah malahan banyak tumbuhan yang tumbuh diatasnya , masa kalau sudah banjir baru mulai dibersihkan, ya telat banget kalau begitu” kata Karseno.

Ketika dikonfirmasi, Ir. Ariono Poerwanto, MT, Kabid Sungai dan Air Baku Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga menuturkan, bahwa pihaknya akan sesegera mungkin melakukan normalisasi kali diantaranya dengan melakukan pengerukan dan pembersihan.  Menurut Ariono bukannya terlambat namun pihaknya tengah menunggu waktu yang tepat untuk melakukan semua itu dan kemungkinan besar pembersihan akan dilakukan mulai minggu depan.
“Kita akan membersihkan ketika hujan deras, dengan alasan agar bau akibat percikan dan tetesan air kali tersebut dapat segera hilang oleh air hujan selain agar tidak mengotori jalanan” ungkap Ariono.

Normalisasi kali ditujukan untuk mencegah banjir, seluruh kali di wilayah Banyumas rencananya akan dibersihkan namun menunggu giliran karena minimnya dana yang tersedia (banyumasnews.com/cit)

Kali bener posisi samping Sri Ratu penuh oleh sampah dan terjadi pendangkalan (foto:cit/BNC)

Kali bener posisi samping Sri Ratu penuh oleh sampah dan terjadi pendangkalan (foto:cit/BNC)

Tentang Penulis

Leave A Response